Fri, 21 June 2024

Banjir Surut, Satgas Bersama Warga Bersihkan Sampah

Reporter: Reival Akbar Rivawan | Redaktur: Lisna | Dibaca 231 kali

Fri, 2 March 2018
Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum yang merupakan gabungan dari Kodam III Siliwangi, Yonzipur 3, Koramil dan warga mengambil sampah menggunakan perahu khusus di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum Kampung Cigebar, Desa Bojongsoang, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jumat (02/03/2018). Pembersihan sampah sungai Citarum bertujuan untuk mengurangi resiko banjir, mengingat intensitas hujan saat ini masih tinggi.

JURNALPOSMEDIA.COM– Banjir yang sempat menggenangi sejumlah titik wilayah di Kabupaten Bandung, khususnya di DAS (Daerah Aliran Sungai) Citarum beberapa hari kebelakang mulai surut. Meskipun demikian, surutnya banjir  ini, ada beberapa dampak yang timbul, yaitu adanya tumpukan sampah di beberapa titik salah satunya aliran Citarum Lama, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jumat (02/03/2018).

Melihat hal tersebut Satgas (Satuan Tugas) bersama warga terjun untuk membersihkan sampah yang menumpuk. Pasalnya, dinilai selain menyumbat air, adanya tumpukan sampah juga menimbulkan bau yang tidak sedap.

Propos Satgas Citarum Harum, Ronny mengatakan bahwa, “Membersihkan sampah yang menumpuk setelah banjir merupakan upaya agar meminimalisir banjir lagi. Karena sampah tersebut menyumbat air dan jika hujan dengan intensitas tinggi datang kembali, pasti warga pinggir sungai citarum yang permukaannya rendah akan tenggelam,” ungkapnya.

Ronny juga menambahkan Satgas Citarum Harum yang merupakan gabungan dari Kodam Siliwangi III, Yonzipur 3, dan Koramil akan bekerja ekstra segera menyelesaikan kondisi aliran sungai Citarum yang semakin memprihatinkan. Supaya dampak yang ditimbulkan tidak bertambah buruk bagi lingkungan serta mencegah ancaman yang lebih besar bagi generasi bangsa, khususnya penduduk yang berada di sekitar aliran sungai yang menggantungkan kebutuhannya dari sungai tersebut.

Salah seorang warga yang ikut menyaksikan pembersihan sampah, Asep mengungkapkan harapannya “Harapannya  agar problematik banjir sungai Citarum ada titik temu dan pemerintah untuk bersinergi dengan masyarakat agar terwujudnya Citarum Harum.” pungkasnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments