Fri, 23 February 2024

Aher : “Berikan Hak Hidup Untuk Rohingya”

Reporter: Dini Fitrianti | Redaktur: Monica Deasy Deria | Dibaca 193 kali

Sat, 9 September 2017
Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, sedang melakukan orasi dalam aksi “Jabar Peduli Rohingya” di Gedung Sate, Jalan Ponegoro, Kota Bandung, Jumat (8/9/2017). (Jurnalposmedia/ Dini Fitrianti)
Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, sedang melakukan orasi dalam aksi “Jabar Peduli Rohingya” di Gedung Sate, Jalan Ponegoro, Kota Bandung, Jumat (8/9/2017). (Jurnalposmedia/ Dini Fitrianti)

Pemerintah Kota Bandung bekerjasama dengan Bank BJB Jawa Barat menggelar aksi solidaritas “Jabar Peduli Rohingya” untuk membantu warga Rohingya. Hingga saat ini donasi yang terkumpul sebesar Rp 2.002.678.573, Jumat (8/9/2017). Bagi masyarakat Jawa Barat yang ingin medonasikan sebagain hartanya bisa melalui rekening Bank BJB atas nama Jabar Peduli dengan nomor rekening 2345678910001.

Aksi yang digelar di depan Gedung Sate, Jumat (8/9/2017) dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan bersama dengan Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Kepala Kejaksaan Tinggi Negeri Provinsi Jawa Barat, Ketua dan para anggota Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi Jawa Barat, dan ormas-ormas seperti Pemuda Pancasila, Angkatan Muda Siliwangi, dan Forum Ormas Islam Jawa Barat.

“Kita di sini untuk satu tujuan menjadi bagian dari tujuan terpenting kebangsaan kita termasuk tujuan terpenting kemerdekaan kita yang termasuk dalam konstitusi UUD 1945 yaitu hadirnya bangsa-bangsa dunia yang bebas dari penjajahan. Kita lawan penjajahan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan,” ujar Aher dalam orasinya.

Aher juga mengatakan di beberapa belahan dunia ternyata masih banyak kedzaliman, masih ada penjajahan di dunia maju, di dunia IT dan di dunia ilmu pengetahuan, warga dunia tersebut ialah masyarakat Rohingya. Indonesia harus bersyukur sebagai bangsa yang selalu maju dalam kepeloporan untuk urusan penjajahan dan untuk urusan perdamaian bangsa-bangsa.

“Pernahkah kita absen sebagai bangsa untuk mengirim tentara dan kepolisian kita untuk mengamankan bangsa-bangsa yang sedang bertikai? Di mana ada kasus dunia selalu bangsa ini pergi untuk menjadi pelopor mengharmoniskan bangsa-bangsa,” kata Aher.

Di akhir orasinya Aher berharap agar masyarakat Rohingya terbebas dari kekerasan dan diberikan hak hidup untuk masayarakat Rohingya karena bumi ini diciptakan untuk seluruh umat manusia. Tidak ada manusia yang berhak untuk memonopoli kepemilikan dari suatu bangsa.

“Kita berkumpul disini utuk menyuarakan hati nurani kita, masyarakat Jawa Barat bagian dari masyarakat Indonesia, bagian dari NKRI yang tak terpisahkan untuk menyuarakan hati nurani kita, berikan kedamaian dan hentikan kekerasan untuk bangsa-bangsa Rohingya, berikan hak hidup mereka, bumi ini Tuhan ciptakan untuk seluruh umat manusia, bumi ini milik semua manusia.” tutup Aher.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments