Fri, 23 February 2024

6 Jenis KKN UIN Bandung yang Wajib Kamu Tahu

Reporter: Hilma Halimah | Redaktur: Alya Izzati | Dibaca 387 kali

Fri, 22 July 2022
Sumber: Instagram @kelurahanmanjahlega

JURNALPOSMEDIA.COM – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan rangkaian yang harus dilalui setiap mahasiswa tingkat akhir dengan tujuan mengembangkan keilmuan dan menciptakan hubungan yang harmonis antara mahasiswa dan masyarakat.

KKN UIN Bandung sendiri akan dilaksanakan pada 25 Juli hingga 25 Agustus 2022 di lokasi yang sudah ditentukan berdasarkan jenis KKN yang dipilih. Mahasiswa juga diwajibkan menyelesaikan 75% SKS agar dapat mengikuti KKN.

Terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh peserta pada kegiatan ini, di antaranya adalah refleksi dan pemetaan sosial, penyusunan program, pelaksanaan program, evaluasi, serta pelaporan. Pihak kampus juga menugaskan output wajib berupa lembar cek tugas, logbook, dokumentasi kegiatan, dan artikel laporan KKN.

Lalu, apa saja jenis KKN di UIN Bandung kali ini? Berikut beberapa di antaranya.

1. KKN Reguler Sisdamas

KKN Sisdamas dilaksanakan secara luring di lokasi dan kelompok yang sudah ditentukan oleh sistem pemberdayaan masyarakat. Mahasiswa akan otomatis terdaftar di KKN Reguler Sisdamas ini apabila tidak lolos di jenis KKN yang lain.

2. KKN Terpadu

KKN Terpadu adalah KKN yang dilakukan berbarengan seluruh waktu atau sebagian waktunya dengan Praktik Kerja Lapangan (PKL), Praktik Profesi Mahasiswa (PPM), dan Job Training (JT). Persyaratan pesertanya adalah lulus 75 % SKS dan mendapat rekomendasi dari Prodi/Fakultasnya. Pembekalan teknis KKN dilakukan oleh LP2M dan DPL KKN, sementara pembekalan teknis PKL oleh fakultas yang bersangkutan dan dosen pembimbing PKL.

3. KKN Tematik

KKN yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) ini, bermitra dengan pihak ke dua yang telah melakukan nota kesepakatan Kerjasama dengan program dan target tertentu. Jenis KKN Tematik ini hanya bisa dilakukan oleh mahasiswa minimal semester 6.

4. KKN Kolaboratif Mandiri

Kemudian ada KKN Kolaboratif Mandiri yang bekerja sama  dengan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) seluruh Indonesia secara kolaboratif dengan pembiayaan secara mandiri. Pada jenis KKN ini nantinya para mahasiswa bisa melaksanakan KKN dengan kampus PTKIN terdekat dengan tempat tinggalnya. Selain itu, mahasiswa juga dapat membuka jejaring yang luas dengan mahasiswa PTKIN lainnya.

5. KKN Nusantara Moderasi Beragama

KKN Nusantara Moderasi Beragama diselenggarakan Kemenag dan PTKIN seluruh Indonesia. Syaratnya adalah lulus 75% SKS, belum menikah, aktivis kampus, mempunyai skill akademik dalam menulis, pembiayaan yang cukup, memiliki izin orang tua, dan siap melaksanakan KKN di tanah Papua dengan menjaga nama baik kampus UIN Bandung. KKN ini dilaksanakan selama 40 hari. Namun, informasi tanggal pelaksanaan menyusul dari pihak Kemenag.

6. KKN Kolaboratif Luar Negeri Mandiri

KKN yang diselenggarakan di luar negeri (Jepang, Arab Saudi, Korea, dan Mesir). Pihak mitra kampus KKN ini adalah Kampus UIN Jakarta. Adapun pihak nonkampus yang akan diserahkan kepada pihak mahasiswa asal luar negeri. Syarat KKN ini peserta.

Wajib lulus 75% SKS, pembiayaan yang cukup, menguasai bahasa asing, dan mendapatkan izin orang tua.

Nah, jadi kamu sudah tau belum mau pilih KKN jenis mana? Untuk info lebih lanjut, kamu bisa cek  www.lp2m.uinsgd.ac.id

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments