Sat, 24 February 2024

6 Tips Menghadapi Ujian Tengah Semester

Mon, 24 October 2022
Sumber gambar: Freepik

JURNALPOSMEDIA.COM – Ujian Tengah Semester (UTS) merupakan rangkaian syarat pembelajaran yang harus dilalui setiap mahasiswa baik tingkat awal maupun akhir. UTS di kampus UIN Bandung sendiri, akan berlangsung pada  24 Oktober  – 29 Oktober 2022.

Sebagai mahasiswa, tentunya kita harus bisa mengatur jadwal agar lebih mudah mengerjakan soal dan tentunya mendapatkan nilai yang memuaskan. Agar kalian dapat menjalankan UTS dengan sebaik mungkin. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum menghadapi UTS.

1.Persiapkan Materi dengan Baik

Langkah awal yang penting untuk lakukan sebelum menghadapi ujian yaitu mempersiapkan materi dengan baik.  Tidak hanya materi yang diberikan oleh dosen, kita juga bisa membaca materi dari sumber lain, contohnya seperti buku ataupun jurnal ilmiah.

2.  Buat Suasana Belajar yang Nyaman 

Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. Kamu bisa mencari tempat yang tenang seperti perpustakaan, sehingga lebih fokus dalam belajar. Intinya, jangan sampai aktivitas belajar kita terganggu oleh hal lain.

3. Pilih Waktu Belajar yang Tepat

Waktu belajar yang bisa kamu coba adalah pada saat pagi hari atau di waktu produktif seperti pukul 09.00 WIB-14.00 WIB. Jangan belajar dengan SKS (sistem kebut semalam) karena tubuh kita akan lelah sehingga tidak bisa fokus dalam memahami materi yang begitu banyak.

4. Perbanyak Latihan Soal

Jangan lupakan yang satu ini! Walaupun kita sudah memahami banyak materi, tapi jika jarang berlatih rasanya kurang lengkap. Layaknya pisau yang harus rutin diasah, kita pun begitu. 

Perbanyak mengerjakan latihan soal untuk menguji sejauh mana pemahaman kita terhadap mata kuliah tersebut, khususnya mata kuliah yang memiliki banyak materi hitungan.

5. Mencatat Pokok-Pokok Pelajaran

Materi yang tidak sedikit, tentu sulit kita bisa memahami semuanya dengan baik. Solusi yang bisa kamu lakukan adalah mencari kesimpulan atau inti dari setiap pelajaran yang sudah dipelajari. Hal tersebut bisa mempermudah kamu dalam memahami materi sebelum menghadapi UTS.

6. Sediakan Waktu untuk Istirahat

Menghadapi UTS tentu dibutuhkan kondisi tubuh yang fit sehingga bisa lebih fokus. Oleh karena itu, waktu tidur yang cukup dan teratur sangat kamu perlukan.

Itulah enam tips yang bisa kamu lakukan saat menghadapi UTS. Semoga bisa diterapkan oleh teman – teman semua, ya!

Reporter : Rohmad Purwadi/Magang I Redaktur: Siti Barkah

 

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments