Fri, 23 February 2024

5 Tips Membangun Personal Branding di Instagram

Reporter: Nika Sarita Fauziah/Magang | Redaktur: Zahra Pajriyanti A | Dibaca 235 kali

Tue, 20 June 2023
Ilustrasi by Nika Sarita Fauziah/Magang

JURNALPOSMEDIA – Personal branding adalah kegiatan memperkenalkan citra diri, baik itu kepribadian, kemampuan, profesi, skill, passion, sampai value untuk membangun kepercayaan orang-orang terhadap kita.

Ada banyak anak muda zaman sekarang yang low profile, jarang post di akun media sosialnya padahal potensi dia banyak sekali.

Bagaimana suatu perusahaan bisa percaya jika dia memiliki potensi tapi tidak pernah menunjukkan karyanya?

Seperti apa yang dilakukan pada laman Instagram pemilik sanggar tari, Aida Syakira menyampaikan pendapatnya mengenai sebuah identitas diri di media sosial.

“Menurut saya itu adalah sebuah identitas diri kita yang ingin kita tampilkan kepada banyak orang melalui media sosial yaitu Instagram,” ujar Aida saat diwawancarai oleh Jurnalposmedia, Sabtu (17/6/2023).

Media sosial juga bisa menjadi laman yang dapat digunakan untuk mencari orang. Maka dari itu, penting untuk membangun personal branding baik bagi seorang pengusaha maupun hanya akun pribadi.

“Saat kita bekerja sama dengan suatu perusahaan pasti akan ditanya Instagram atau di cari dulu siapa sih kita melalui media sosial, jadi bisa menambah kepercayaan suatu perusahaan bahwa kita mempunyai value lebih,” jelasnya.

Berikut 5 tips yang dapat kamu lakukan saat membangun personal branding di Instagram:

  1. Display picture, foto diri yang menunjukkan wajah kamu, jadi orang tahu kamu yang mana.
  2. Nama, gunakan nama yang jelas, bahkan beberapa orang ada yang mengganti namanya menjadi topik yang mereka bawa. Hal ini memudahkan orang lain untuk mencari akun kamu.
  3. Bio, ini sangat penting untuk memperkenalkan diri ke calon audiens akan topik apa yang kamu bahas atau apa yang kamu capai.
  4. Highlight, tujuannya agar followers baru kamu bisa mencari tahu apa yang kamu lakukan sehari-hari dan seperti apa kamu itu.
  5. Postingan, kamu bisa posting apa yang kamu suka seperti sertifikat pencapaian yang menandakan bahwa kamu suka mengikuti kompetisi dan mempunyai tujuan pencapaian hidup.

Sesimple postingan kamu sedang di perpustakaan atau membaca buku itu menunjukkan bahwa kamu memiliki ketertarikan untuk belajar. Jadi meskipun akun kamu personal tapi tetap memberikan sedikit informasi tentang kamu.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments