Waspada! Penipuan Modus Minta Ongkos Pulang Kampung

JURNALPOSMEDIA.COM— Fenomena penipuan dengan modus meminta-minta seringkali ditemukan di sekitar Masjid Iqomah, UIN Bandung. Hal itu diungkapkan oleh ketua DKM, Bachrun Rifa’i saat ditemui di kantor DKM Masjid Iqomah, Rabu (15/05/2019).

“Iya betul memang sering kesini ada yang minta-minta. Namun tidak kami kasih. Jika dikasih mereka pasti akan datang lagi. Mungkin mereka ada komplotannya,” ujar Bachrun.

Salah satu Mahasiswa yang pernah menjadi korban menuturkan bahwa pelaku meminta uang dengan alasan kehabisan ongkos untuk pulang ke kampung halaman.

“Tadi (pelaku) meminta uang, katanya ia kehabisan ongkos saat mau pulang dari lembang ke kampung halamannya.  Terus saya kasih uang 25 ribu,” ujar korban yang tidak ingin disebutkan namanya ini.

Kejadian ini terungkap saat Tim Jurnalposmedia sendiri hampir menjadi korban. Pelaku meminta uang dengan modus serupa. Namun di lain hari pelaku masih terlihat berkeliaran di Masjid Iqomah.

Ketua DKM mengimbau agar mahasiswa tidak percaya begitu saja dengan orang yang meminta-minta, karena kejadian serupa kerap terjadi.

“Kejadian seperti ini memang pernah terjadi. Sebaiknya kita tidak percaya begitu saja, jangan memberi uang begitu saja,” jelas Bachrun.

Hingga saat ini pelaku yang diduga melakukan tindakan penipuan masih belum tertangkap.

Apabila melihat orang yang mencurigakan, Bachrun menyarankan agar Mahasiswa segera melaporkannya ke petugas keamanan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

“Kalau melihat dia (pelaku) lapor saja ke petugas keamanan. Supaya enggak terjadi hal-hal yang enggak diinginkan,” tutupnya

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.