Sat, 24 February 2024

Single Pertama FULGUR ‘Rotten Soul’: Jiwa Busuk Tidak Akan Mempengaruhi Saya

Reporter: Irfan Fauji | Redaktur: Ghina Tsuroya  | Dibaca 229 kali

Tue, 7 December 2021
FULGUR
Keempat personel band FULGUR yang telah merilis single pertama berjudul "Rotten Soul" (dokumentasi FULGUR)

JURNALPOSMEDIA.COM – Band “FULGUR” beraliran stoner doom resmi mengeluarkan single pertama berjudul Rotten Soul melalui channel Youtube FULGUR Noise. Lagu Rotten Soul memiliki arti “jiwa busuk” yang terinspirasi dari band Iron Monkey dan Fistula.

Rotten Soul itu berarti jiwa busuk, namun dalam makna lagu Rotten Soul ini, intinya menceritakan bahwa kamu atau kalian itu tidak bisa mempengaruhi saya dengan ke toxic-an pemikiran buruk kalian ke saya,” jelas drummer band FULGUR, Muhammad Dzikrulsyah alias Alung pada Minggu, (5/12/2021).

Single Rotten Soul menggambarkan tentang berada dalam ruang lingkup negatif (toxic), namun lingkungan tersebut tidak bisa mempengaruhi sedikit pun sosok “aku”, “Karena Tuhan enggan mengizinkan kalian teracuni oleh sisi tidak baik,” tulis press release yang Jurnalposmedia terima.

Kendati begitu, Alung tidak menafikkan bahwa makna lagu yang diciptakan bersama band nya itu juga bisa dimaknai lebih luas, karena sifat musik yang universal.

Alung menyebut penciptaan lagu ini memakan waktu selama satu bulan, dimulai dari mencari materi hingga mematangkan hasil materi lagu yang dibuat. “Pematangan penulisan lirik yang kebetulan dibuat oleh saya, dan dibantu oleh Azhar, sampai akhirnya masuk ke record di Teargas Lab dan di mixing mastering di twentydb,” lanjutnya.

Band FULGUR terbentuk sejak 2018 yang dipelopori oleh Alung (drummer), dan Syeh (gitar), serta mengusung genre musik stoner doom. Menurut Alung, FULGUR diambil dari bahasa latin yang berarti “petir”. Nama ini diambil karena musik ciptaan band mereka yang seakan menyambar telinga para pendengarnya.

“Bisa dibilang, ‘busuknya’ efek fuzz dan lainnya,” ucapnya.

Berbeda dari kebanyakan band baru yang mengusung gendre pop dan cenderung mengambil tema romansa, band FULGUR memanjakan para pendengar yang menyukai musik keras, layaknya nama band yang diambil, FULGUR atau petir.

Kini, band FULGUR hadir dengan personel lengkap, di antaranya Dika sebagai vokal, Syeh (gitar), Bob (bass), dan Alung sebagai drum.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments