Fri, 21 June 2024

Seruan Aksi Kemanusiaan Palestina di University Day of Range for Gaza

Reporter: Fitria Hanifah | Redaktur: Silmy Kaffah Mardhotillah | Dibaca 172 kali

Thu, 9 May 2024
(Sumber Foto: Khansa Az-Zahra/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA.COM Sekelompok mahasiswa UIN Bandung gelar seruan aksi di Masjid Ikomah, Rabu (8/5/2024). Aksi ini dilakukan sebagai bentuk pembelaan hak kemerdekaan Palestina dari mahasiswa Indonesia.

Aksi ini merupakan bentuk rasa kemanusiaan yang diinisiasi oleh beberapa gabungan organisasi, yaitu dari Dewan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Dema Fisip), Himpunan Mahasiswa Persis (Hima Persis), dan juga Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM).

Aksi tersebut berisi beragam kegiatan, dimulai dari kampanye keliling kampus (longmarch) untuk menyuarakan pesan kemanusiaan, disusul dengan pembagian semangka sebagai simbol solidaritas dengan Palestina, dan diakhiri dengan orasi kemanusiaan di depan Gedung Rektorat.

Ketua LDM, Hamzah Nasrullah mengatakan bahwa diadakan kegiatan ini terinspirasi oleh gerakan yang sama di dua universitas di Amerika Serikat.

“Kita tergerak ‘kan dari gerakan Amerika Serikat tepatnya dari University Columbia, Newyork University, dan lain sebagainya. Membuat kita akhirnya ikut andil dalam menyuarakan kemanusiaan dan keadilan untuk Palestina, jelasnya saat diwawancarai oleh Jurnalposmedia, Rabu (8/5/2024).

Hamzah juga turut menyampaikan pesan serta semangat menggaungkan keadilan kepada mahasiswa dan masyarakat Indonesia.

“Kita sebagai warga dunia, khususnya warga Indonesia harus terus menggaungkan rasa kemanusiaan juga rasa keadilan di mana itu sangat penting untuk kehidupan kita selanjutnya. Semoga aksi ini bisa menjadikan manfaat dan momentum bersama dalam menyuarakan kebaikan, mengingatkan kebaikan juga dalam menyuarakan nilai-nilai kemanusian dan keadilan yang sedang mengkhawatirkan di dunia ini,”  ucapnya.

Salah satu peserta Aksi Bela Palestina, Wafa Mi’rojul Fithria mengungkapkan alasannya mengikuti kegiatan ini.

Kewajiban kita tuh menyertakan pihak kita posisi kita, kita tuh berpihak ke mana. Kalau di Indonesia kondisi kita aman-aman aja, mungkin yang bisa kita lakukan yaitu dengan menyuarakan hak kita dengan cara seperti ini dan kebetulan di kampus UIN sedang ada jadi bisa ikut di sini karena dekat juga,ungkapnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments