Sun, 21 April 2024

Pengenalan Fakultas Ramaikan Acara PBAK Hari Terakhir

Reporter: Siti Suaidah | Redaktur: Siti Barkah | Dibaca 317 kali

Thu, 1 September 2022
Perkenalan Fakultas Dakwah dan Komunikasi kepada mahasiswa baru dalam PBAK 2022.

JURNALPOSMEDIA.COM – UIN Bandung melaksanakan hari terakhir Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) yang diisi dengan pengenalan kepada seluruh mahasiswa baru mengenai fakultas dan jurusannya masing-masing, Rabu (31/8/2022).

Salah satunya yaitu Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) yang menggelar Pengenalan Akademik Kemahasiswaan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (Pantasi) di Aula Anwar Musaddad.

Pembukaan Pantasi diisi dengan pengenalan FDK hingga pukul 12.00 WIB. Kemudian dilanjut dengan para mahasiswa baru setiap fakultas mengelilingi kampus UIN Bandung.

Arak-arakan tersebut diramaikan dari Gazebo FDK hingga Aula Abjan Soelaeman dengan menyanyikan yel-yel fakultas dan jargon jurusannya masing-masing.

Ketua Pelaksana Pantasi, Daffa Muhammad Aziz menyebutkan bahwa PBAK FDK atau Pantasi ini dilaksanakan dengan empat tahapan.

Pertama, pembukaan PBAK stadium general yang dilaksanakan hari ini. Kedua, kegiatan Talk Show pada tanggal 4 September 2022. Ketiga, kegiatan Komunika Show sebagai penutup dan yang terakhir mentoring.

Ia berharap agar PBAK FDK ini bisa dimodifikasi dan ditiru dengan baik oleh fakultas lain dan tetap terus berkolaborasi.

“Semoga ke depannya kegiatan ini bisa menjadi sesuatu yang baik untuk bisa dimodifikasi dan juga ditiru oleh seluruh fakultas serta jurusan dan semoga kita terus berkolaborasi tidak dengan hanya organisasi mahasiswa (ormawa), tetapi juga dengan birokrat kampus, para dekanat, dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Selain FDK, di tempat yang sama juga telah digelar PBAK Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) pada pukul 13.00-17.00 WIB. Sama seperti yang lainnya, PBAK FSH memberikan pengenalan mengenai visi misi fakultas dan jurusan serta Ormawa pada hari ketiga.

Ketua Pelaksana PBAK FSH, Usamah menuturkan bahwa pada tiga rangkaian tersebut, diselingi beberapa penampilan dari FSH.

“Dalam tiga rangkaian fokus utama ini, diselingi dengan beberapa penampilan kreasi dari tiap Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), yang merupakan mahasiswa-mahasiswa berbakat dan berprestasi di Fakultas Syariah dan Hukum,” tuturnya.

Usamah berharap PBAK fakultas kali ini akan menjadi kesan bagi seluruh mahasiswa baru FSH.

“Saya berharap PBAK FSH tahun ini berkesan buat mahasiswa baru tahun angkatan 2022 dan menjadi pembelajaran untuk regenerasi selanjutnya,” ungkapnya.

Kesan dan Harapan Mahasiswa Baru

Salah satu mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Muhammad Irfan Fadillah mengungkapkan, kegiatan PBAK fakultas ini cukup melelahkan. Namun menyenangkan.

“Lumayan lelah, tapi seru juga sih, ya, kan dari pagi kita sekitar jam setengah tujuh udah berangkat ke gedung aula, terus jam dua belas keluar, terus, ya, lanjut pawai-pawai gini, tapi ya seru,” ungkapnya, Rabu (31/8/2022).

Selain Irfan, salah satu mahasiswa FSH, Muthmainnah Hafidzah menyebutkan, ia mendapatkan banyak pengalaman dari PBAK fakultas ini.

“Walaupun ada sesi panas-panasan seperti arak-arakan, tapi itu yang bakal jadi kesan terbaik dari awal perjuangan kita di kampus ini,” ujarnya.

Muthmainnah berharap dengan mengikuti PBAK ini, ia bisa menjadi mahasiswa yang kompetitif dan unggul.

“Semoga ke depannya kita bisa jadi mahasiswa yang kompetitif dan unggul sama seperti visi yang ada di UIN Bandung ini,” pungkasnya.

 

Penulis: Siti Suaidah/Irma Purnama Putri

Redaktur: Siti Barkah

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments