Pelatihan ICT UIN Bandung akan Dilaksanakan 27 September 2021

JURNALPOSMEDIA.COM – Pelatihan Information and Communication Technology (ICT) bagi mahasiswa UIN Bandung angkatan 2018 akan dimulai pada 27 September 2021 mendatang. Selain pelatihan, tahun ini UIN Bandung juga mengadakan sertifikasi internasional Microsoft Office Specialist (MOS).

Pelatihan terbagi menjadi tujuh pertemuan, dengan satu pertemuan di antaranya untuk pelaksanaan ujian. Semua rangkaian akan dilangsungkan secara virtual. Konten pelatihan berisi pengetahuan menyeluruh tentang Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Power Point.

Ketua Divsi Training ICT, Yogi Saputra Assyahab mengatakan pelatihan ini menekankan pada fungsional toolbar di ketiga aplikasi Micorosoft Office tersebut. “Jadi cara kerjanya bukan dengan shortcut, melainkan toolbar,” tegasnya saat menyosialisasikan pelatihan ICT pada Kamis, (9/9/2021).

Ia menambahkan, materi pelatihan ICT lebih condong pada praktik langsung atau simulasi dibanding teori semata. Berbeda dari tahun sebelumnya, pelatihan ICT kali ini turut mengadakan sertifikasi internasional bagi 100 orang dengan nilai ujian tertinggi.

“Nanti 100 orang  yang mendapat nilai tertinggi akan diikutsertakan dalam sertifikasi untuk mendapat sertifikat internasional dari Microsoft,” ungkap Yogi.

Tercatat hingga akhir masa pendaftaran, ada 5.004 peserta yang telah mendaftar pelatihan ICT. Sebanyak 4.904 yang tidak masuk ke dalam 100 orang dengan nilai tertinggi, akan tetap mendapat sertifikat bertaraf nasional.

Syarat mengikuti ujian ICT adalah mengikuti pelatihan sekurang-kurangnya empat pertemuan. Yogi menyebut tidak ada ambang batas untuk menentukan lulus atau tidaknya mahasiswa dalam pelatihan ICT. Kelulusan didasarkan pada jumlah kehadiran dalam mengikuti rangkaian pelatihan.

“Ketika nilai ujian ICT kecil, tapi absensi selalu hadir, maka tetap dinyatakan lulus. Jadi tidak ada ambang batas penilaian ujian,” ucapnya.

Pada pelaksanaannya nanti, mahasiswa bisa mengakses website ict.uinsgd.ac.id untuk mendapatkan absensi, materi pelatihan, hingga sertifikat hasil pelatihan ICT.

Adapun mengenai jadwal pelatihan yang bentrok dengan jadwal perkuliahan, pihak PTIPD UIN Bandung akan segera menginformasikannya lebih lanjut.

“Nanti kita akan mengumumkan di akhir pekan ini terkait proses perubahan jadwal dan mekanisme (pelatihan ICT). Kami usahakan tidak bentrok dengan jadwal kuliah,” tutupnya.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.