Tue, 16 April 2024

Mengatasi Quarter Life Crisis bagi Mahasiswa dengan Mengubah Kecemasan Menjadi Tindakan

Reporter: Zahra Dwi Aqilah | Redaktur: Sopiyani Solihah | Dibaca 257 kali

Sun, 17 September 2023
Foto: NSD

JURNALPOSMEDIA.COM – Maraknya penggunaan kalimat Quarter Life Crisis atau krisis seperempat abad merupakan fase yang dialami oleh seseorang dari usia 18 hingga 30 tahun. Artinya, mahasiswa juga dapat merasakan fase dalam ambang kebingungan.

Masa kebingungan disini merupakan masa ketika dimana seseorang sulit menentukan jalan hidup, rencana hidup, dan menginginkan finansial yang stabil. Hal ini membuat orang tersebut dapat mengalami stress berkepanjangan dan depresi.

Kebanyakan dari penderita, rata-rata berasal dari Gen Z atau generasi milenial yang kondisi finansialnya belum stabil. Nah, biasanya para mahasiswa mengatasi hal tersebut dengan bekerja paruh waktu atau yang lebih dikenal dengan part time.

Untuk mengatasi Quarter Life Crisis tersebut dapat dilakukan  beberapa cara seperti memberikan energi positif kepada diri sendiri, tidak membanding-bandingkan dengan orang lain, bercerita kepada orang terdekat, dan mengubah kecemasan menjadi tindakan.

Adapun yang dimaksud dengan mengubah kecemasan menjadi tindakan yaitu mencari dana tambahan dengan cara yang benar atau dengan melakukan kegiatan positif di kampus. Ada beberapa tips yang akan Jurnalposmedia berikan, berikut tips nya:

  1. Perbarui Curriculum Vitae (CV)

Dengan memberikan pembaruan berupa mengasah skill dan kemampuan, hal tersebut dapat membuat CV lebih menarik. CV yang menarik dapat mempermudah seseorang dalam mencari pekerjaan yang dibutuhkan.

  1. Selalu Update di Sosial Media Mengenai Lowongan Pekerjaan

Salah satu aplikasi yang digunakan untuk mencari lowongan pekerjaan adalah Linkedin, Glints, Instagram, Twitter, dan Tiktok. Kita harus rajin berkecimpung di sosial media untuk mengetahui lowongan pekerjaan yang ada, karena sosial media cenderung lebih banyak menawarkan pekerjaan paruh waktu.

  1. Perbanyak Relasi

Relasi mempermudah mahasiswa untuk mencari pekerjaan. Relasi dapat ditemui saat sedang melakukan kegiatan di kampus maka dari itu tidak salah menjadi aktif dan partisipatif di acara kampus.

  1. Berdoa dan Berusaha

Berdoa merupakan hal utama dalam segala hal. Akan sangat sia-sia jika usaha yang kita lakukan tidak diiringi dengan doa. Dengan adanya doa yang maksimal maka apa yang kita inginkan akan terasa lebih mudah untuk didapatkan.

Menjadi generasi milenial yang terjebak dalam Quarter Life Crisis tidaklah mudah, mahasiswa cenderung dituntut selalu sempurna dalam setiap aspeknya. Namun, dengan beberapa tips yang disebutkan, semoga dapat menyelesaikan salah satu aspek tersebut.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments