Thu, 29 February 2024

Mahasiswa Perlu Tahu, Cara Mengatur Keuangan dengan Metode ‘Budget Jar’

Reporter: Sopiyani Solihah | Redaktur: Annisa Azahra N | Dibaca 141 kali

Wed, 12 April 2023
Ilustrasi: Freepik.com

JURNALPOSMEDIA.COM – Mengatur keuangan sering dianggap sepele oleh sebagian orang. Padahal, itu merupakan hal penting yang akan membantu kita sebagai mahasiswa memenuhi kebutuhan dan mempersiapkan kecukupan finansial di masa depan.

Metode Budget Jar adalah salah satu cara yang bisa dicoba. Budget Jar adalah sebuah sistem untuk mengalokasikan uang dengan membaginya menjadi enam kategori dengan tujuan berbeda-beda. Untuk alatnya sendiri, bisa menggunakan bahan seperti toples, amplop maupun barang lainnya.

Berikut Jurnalposmedia rangkum cara mengatur keuangan menggunakan metode Budget Jar untuk mahasiswa yang patut dicoba.

1. Kebutuhan 55%
Untuk toples pertama, beri nama toples kebutuhan. Cara mengisinya, setengah dari pendapatan harus dicadangkan atau disimpan dalam toples ini untuk memenuhi kebutuhan kamu, seperti makan, membayar kost, membeli kebutuhan sehari-hari, dan lainnya. Jika 55% dirasa terlalu kecil dan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu selama sebulan, jangan khawatir, ada dua cara untuk mengatasinya. Pertama, kamu harus berhemat dan menekan semua kebutuhan kamu. Kedua, cari pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan bulanan kamu.

2. Investasi 10%
Investasi adalah keadaan dimana kamu tidak perlu bekerja keras untuk mendapatkan uang. Bahkan, duduk atau tidur pun bisa menghasilkan pendapatan. Tidak ada yang tidak mungkin, investasi versi kamu bisa didapatkan dengan berinvestasi atau membangun sebuah usaha sampingan. Jadi, di toples kedua ini diisi 10% dari penghasilan kamu untuk diinvestasikan atau setidaknya ditabung. Jangan gunakan untuk hal lain selain investasi atau modal usaha. Ingat ya, jangan merasa takut untuk berinvestasi, karena akan sangat bermanfaat bagi kita kemudian hari.

3. Hiburan 10%
Di toples ketiga, sisihkan 10% lagi untuk kesenangan dan hiburan. Kamu pasti pernah merasakan lelah dan bosan setelah seharian beraktivitas, bukan? Gunakan uang di toples ini untuk menyenangkan dan menghibur diri kamu sendiri. Kamu dapat menggunakannya untuk berbelanja, menonton film, jalan-jalan dengan teman atau melakukan hal lain yang kamu sukai. Ingat ya, hiburan itu perlu loh!

4. Tabungan Jangka Panjang 10%
Toples yang keempat bisa digunakan untuk kebutuhan jangka panjang, seperti tabungan untuk dana pendidikan, dana darurat, liburan ke luar negeri, atau yang lainnya. Jangan pernah mengambil sepeser pun dari toples ini, kecuali untuk beberapa alasan yang sudah disebutkan.

5. Pendidikan atau Kuliah 10%
Toples yang kelima dirancang khusus untuk pendidikan atau kuliah. Jika kamu seorang mahasiswa yang juga seorang pekerja, tentunya toples kelima ini bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan kuliahmu.

6. Amal atau Sedekah 5%
Kamu dapat menggunakan toples terakhir untuk beramal atau sedekah. Sisihkan 5% dari uang bulanan kamu untuk membantu orang kurang mampu atau menyumbang untuk tujuan sosial.

Itulah beberapa cara yang bisa diterapkan agar kita dapat teratur menggunakan uang. Ingat, jangan terlalu boros, ya!

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments