Sat, 18 May 2024

Location Unknown-Honne dan Makna Mencintai

Reporter: Alya Hamidatul Sida | Redaktur: Nazmi Syahida | Dibaca 1644 kali

Tue, 17 September 2019
Sumber Gambar: AsiaLive365

JURNALPOSMEDIA.COM-Setelah beberapa hari kemarin viral di berbagai sosial media, tentang seorang anak dari artis Gading Marten yaitu Gempita. Ia menunjukkan aksi gemasnya dengan menyanyikan reff dari lagu Location Unknown milik HONNE. Kini lagu tersebut menjadi ramah di telinga penikmat musik tanah air.

Pasalnya, duo elektronik music asal London tersebut selain akan mengadakan Konser Tur Dunia pada 21 November mendatang di Jakarta, lagu-lagunya telah menempati chart ketiga Indonesia Top 50 dan chart pertama playlist “Lagi Viral” by Spotify. Jadi, apasih yang membuat lagu ini masih begitu dinikmati padahal sudah liris dari tahun 2018?

Duo musik elektronik yang terdiri dari Andy Clutterbuck (Vokalis dan Produser) dan James Hatcher (Produser) ini, merilis album kedua mereka yang bertajuk “Love me / Love Me Not” pada 24 Agustus 2018. Setelah sebelumnya sukses merilis mini album dan album “Warm On A Cold Night” pada tahun 2016. Lagu Location Unknown merupakan satu dari 12 lagu yang dirilis dalam album tersebut yang berkolaborasi dengan musisi ternama Georgia.

Lagu-lagu pada Album Love Me/Love Me Not ini dikemas dengan genre musik indie elektronik. Terlihat dari beberapa lagu pada album tersebut. Album ini dibuka oleh lagu yang berjudul “I Might” dengan nuansa trap chill yang meninterpresikan seluruh lagu dari album ini. Vokalis Andy Clutterbuck membuat lagu-lagunya tetap dinyanyikan dengan bersemangat walaupun beberapa lagu berlirik emosional.

Nah, bagaimana dengan lagu Location Unknown sendiri? Berdasarkan liriknya lagu ini bercerita tentang seseorang yang masih memikirkan orang yang dicintainya dan berharap masih diberi kesempatan untuk bertemu lagi. Tetapi, ternyata makna dari lagu ini tidak sesederhana itu. Selanjutnya akan berkaitan dengan lagu-lagu lain pada album Love Me / Love Me Not.

Jika diperhatikan album ini bercerita tentang bagaimana seseorang menjalani kehidupan jatuh bangun mencintai seseorang. Dimulai dari lagu “I Might” yang bercerita tentang pertemuan dan permulaan, lalu “Me And You” yang bercerita tentang memulai hubungan percintaan, selanjutnya masuk “Day 1” yaitu berada pada hubungan, “Feels So Good” menikmati hubungan percintaan.

“Location Unknown” mulai berada pada fase saling sibuk dan LDR (Long Distance Relationship), “Crying Over You” fase-fase hubungan yang mulai kacau, berlanjut ke “Sometimes” yang bercerita tentang putus atau berakhirnya hubungan. Fase selanjutnya disuguhkan dengan lagu “Forget Me” yaitu tentang apa yang selanjutnya akan dihadapi.

Tidak selesai dengan perjalanan arti lirik lagu-lagu pada albumnya, HONNE juga menyuguhkan banyak makna dibalik logo pada lagu-lagu tersebut. Terlihat pada lagu yang dibedakan kedalam dua simbol yaitu, ◑ dan ◐. Dari 12 lagu pada album tersebut, enam lagu berlogo ◑ yang bercerita tentang jatuh cinta dan enam lagu lainnya yang berlogo ◐ membawa pendengarnya patah hati.

Jika diperhatikan logo ◑ berarti setengah bulan pertama atau First Quarter Moon, apa artinya? Mengutip dari elitedaily.com, First Quarter Moon berarti tantangan, keputusan, dan tindakan. Jadi disini menceritakan bagaimana enam lagu pertama HONNE mempunyai makna memutuskan mengambil tindakan mencintai, karena mencintai adalah perasaan yang tidak stagnan. Cinta akan menggerakkan setiap orang yang merasakannya. Cinta akan menjadi energi dalam perjalanan yang akan membuat diri lebih baik.

Sementara enam lagu terakhir dengan logo ◐, merupakan Last Quarter Moon yang berarti pelepasan, melepaskan, dan pengampunan. Pada bulan ini di harapkan bisa melepaskan seluruh amarah atau emosi yang sudah dirasakan selama ini. Melepaskan agar membersihkan diri untuk dapat menerima niat baru yang akan ditetapkan lagi selama bulan baru berikutnya.

Dikutip lagi dari Kanzia Rahman pada medium.com, yang menyimpulkan maksud dari perumpamaan bulan dari logo HONNE. “Jika First Quarter Moon adalah Action dan Last Quarter Moon adalah Release, jika jatuh cinta adalah serentetan aksi dan patah hati adalah pelepasan, maka tumbuh cinta adalah menyeimbangkan keduanya.”

Lagu-lagu HONNE pada albumnya yang berjudul Love Me / Love Me Not ini cukup menarik bukan? Tentu saja lagu dapat didengar dan dinikmati di iTunes dan Spotify, terlebih untuk kalian yang menyukai lagu-lagu indie elektronik khas musisi London yang cocok didengar pada saat mengerjakan tugas atau jadi musik latar waktu lagi santai di hari luang, selamat mendengarkan!

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments