Fri, 23 February 2024

Konselor PUSPAGA Kota Bandung: Pentingnya Peduli pada Diri Sendiri

Reporter: Layla Cinta Aldenia/Magang | Redaktur: Sopiyani Solihah | Dibaca 484 kali

Sun, 11 June 2023
Acara Training of Trainer Peer Counselor: How To Be A Good Listener yang diadakan HMJ BKI, Sabtu (10/6/2023). (Foto: : Layla Cinta Aldenia/Magang)

JURNALPOSMEDIA.COM– Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bimbingan Konseling Islam (BKI) mengadakan pelatihan untuk calon konselor dengan tema “How To Be A Good Listener”. Pelatihan ini dilaksanakan pada Sabtu (10/6/2023) yang bertempat di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung.

Acara ini bertujuan menjadi mediator penambah wawasan untuk para calon konselor mahasiswa BKI. Konselor Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) Kota Bandung, Agnia Amalia, memberikan materi terkait menjadi pendengar yang baik.

Menurut Amalia, urgensi menjadi pendengar yang baik sebenarnya ada pada isu kesehatan mental yang sudah diakui eksistensinya. Karena Kesehatan mental bisa ditangani secara dini dengan bercerita, maka menjadi pendengar yang baik bukanlah hal yang sepele.

“Banyak anak yang mengalami stres tapi tidak tahu mau cerita sama siapa, urgensinya di situ. Dengan mereka dilatih menjadi peer counsellor, berarti menambah SDM yang bisa helping each other,” ujarnya saat diwawancarai Jurnalposmedia, Sabtu (10/6/2023).

Menjadi pendengar yang baik bukan hal khusus untuk sarjana psikologi atau BKI saja, melainkan hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat awam. Dengan menjadi pendengar yang baik, setidaknya bisa mengurangi beban pembicara.

Ketua panitia pelaksana, Muhammad Ridho Riady Sulfa, mengatakan antusiasme yang didapatkan acara ini sangat di luar ekspektasi para panitia.
“Saya enggak nyangka banget, unexpected dalam antusias mahasiswa BKI khususnya untuk mengikuti kegiatan ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Amalia menambahkan selain perlunya memedulikan orang lain, kita dituntut untuk lebih peduli terhadap diri sendiri. Memiliki tempat bercerita merupakan salah satu cara yang tepat.
“Ketika ada orang yang cerita, dengarkan, Ketika kamu butuh cerita dan kamu mencari orang yang tepat, itu kita peduli sama diri sendiri,” pungkasnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments