Tue, 16 April 2024

Keutamaan Sahur dan Waktu Terbaiknya

Reporter: Wiwid Rahmadani Gustiarto | Redaktur: Annisa Azahra N | Dibaca 221 kali

Tue, 4 April 2023
Ilustrasi: Freepik.com

JURNALPOSMEDIA.COM – Bulan Ramadan dengan segala keberkahannya memiliki beberapa rutinitas yang jarang ditemui di bulan lain. Sahur merupakan kegiatan di mana umat muslim makan sebelum waktu fajar yang menjadi penentu mulainya berpuasa.

Umat muslim dianjurkan melaksanakan sahur sebelum berpuasa, karena selain bertujuan sebagai sumber energi, sahur juga memiliki beberapa keberkahan. Salah satunya ialah mendapat selawat dari Allah Swt. serta para malaikat.

Seperti sabda Rasulullah saw. “Makan sahur itu berkah, maka janganlah kalian tinggalkan meskipun salah seorang dari kalian hanya minun seteguk air. Karena sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla dan para malaikat-Nya berselawat kepada orang-orang yang makan sahur.” (HR. Ahmad).

Namun, kapan waktu terbaik sahur yang dianjurkan oleh Rasulullah?

Tak sedikit orang yang sengaja mendahulukan sahur dan menyisakan beberapa jam sebelum waktu imsak. Akan tetapi, waktu terbaik sahur justru ialah di akhir waktu. Rasulullah saw. bersabda, “Umatku berada dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur.” (HR. Ahmad).

Sahur di akhir waktu juga dapat membantu tubuh lebih kuat berpuasa karena cadangan makanan tidak disimpan terlalu lama. Di waktu sepertiga malam menjelang subuh juga merupakan waktu yang paling mustajab untuk berdoa dan mendekatkan diri pada Allah Swt.

Memasuki pertengahan bulan Ramadan ini, mari kita jaga ibadah puasa serta ibadah lainnya agar tetap istiqomah hingga akhir.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments