Tue, 16 April 2024

Keutamaan Bulan Ramadan

Reporter: Ayunda Triandani | Redaktur: Sopiyani Solihah | Dibaca 146 kali

Tue, 21 March 2023
Ramadhan
Gambar: IStock

JURNALPOSMEDIA.COM – Bulan Ramadan adalah bulan suci yang sangat dinantikan umat Islam di seluruh dunia. Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan dan ampunan Allah SWT maka dari itu umat islam dianjurkan untuk banyak berdoa dan berbuat kebaikan.
Pada Bulan Ramadan kita diwajibkan untuk berpuasa satu bulan penuh. Perintah ini pertama kalinya ditetapkan pada tahun kedua Hijriyah. Pada saat itu, Rasulullah SAW baru menerima perintah memindahkan arah kiblat dari Baitul Maqdis, Palestina ke arah Masjidil Haram, Makkah.
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 183 tentang kewajiban puasa Ramadan yang artinya :
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian, agar kalian bertakwa.”
Selain itu masih banyak lagi keutamaan bulan Ramadan,

Keutamaan bulan Ramadan :

1. Bulan diturunkannya Al-Quran.
Al Qur’an pertama kali diturunkan di Gua Hira, sebelah utara Mekkah pada 17 Ramadhan 610. Oleh karena itu, Nuzulul Qur’an diperingati oleh umat Muslim pada malam ke-17 Ramadan. Adapun dasar dari peringatan Nuzulul Qur’an pada 17 Ramadan seperti dalam firman Allah SWT QS. Al-Baqarah Ayat 185 yang artinya :
“Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk dan pembeda (antara hak dan yang batil),”
2. Adanya Malam Lailatul Qodar.
Pada malam-malam terakhir dan ganjil di bulan Ramadan, ada satu malam yang sangat agung, sehingga disebut lebih baik dari pada seribu bulan yaitu malam Lailatul Qodar.
Sebagaimana tertuang dalam Al-Quran surah Al-Qadar ayat 3, yang artinya: “Malam Kemuliaan itu lebih baik dari pada seribu bulan,”
Dalam keterangannya dijelaskan, pada malam Lailatur Qadar para malaikat turun ke bumi, mencatat kebaikan umat muslim, dan mengaminkan doanya. Sehingga pada malam ini umat muslim sangat dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan berdoa.
3. Bulan penuh pengampunan.
Rasulullah SAW bersabda yang artinya :
“Barangsiapa yang berpuasa melakukan salat malam pada bulan Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR.Bukhari dan Muslim).
4. Bulan penuh keberkahan.
Setiap ibadah yang dilakukan pada bulan ini, maka Allah akan melipatgandakan pahalanya. Selain itu juga pada bulan ini tidak hanya keberkahan dalam menuai pahala, melainkan banyak keberkahan lainnya. Bagi seorang muslim disunnahkan untuk berinfaq dan diwajibkan untuk membayar zakat fitrah untuk fakir dan miskin.
5. Dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka.
Keutamaan lainnya yaitu setan-setan yang dibelenggu, dengan demikian Allah SWT memberi kesempatan kepada hamba-Nya untuk masuk syurga dengan ibadah dan amal yang telah diperbuat pada bulan Ramadan.
6. Puasa Bulan ramadan bagian dari rukun islam.
Ibnu Umar meriwayatkan bahwa Nabi SAW, bersabda :
“Islam dibangun atas lima (rukun); Bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berha disembah melainkan Allah, dan sesungguhnya Muhammad hamba dan utusan-Nya, mendirikan salat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan, dan haji ke Baitullah.” (HR. Bukhari dan Muslim).
7. Bulan dilipat gandakannya pahala.
Rasuullah SAW bersabda :
“Pahala umrah pada bulan Ramadhan menyamai pahala ibadah haji.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Bukan hanya dalam umrah saja, melainkan ibadah lain pun di lipat gandakan pahalanya. Sehingga sangat masuk akal malam lailatur qodar bisa melebihi malam seribu bulan.
8. Doa nya orang puasa di bulan Ramadhan mustajab di banding hari-hari lain.
Doa yang dipanjatkan pada saat bulan Ramadan lebih mustajab hal ini sesuai dengan hadis Rasululah SAW yang artinya :
“Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa maka pasti dikabulan.” (HR. Al Bazaar dari Jabir bin Abdillah).
Dijelaskan dalam hadist lain, Rasulullah SAW bersabda artinya:
“Tiga orang yang dianya tidak ditolak orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang terdzolimi.” (HR. At Tirmidzi).

Masih banyak lagi keutamaan di bulan ramadan, semoga kita semua dapat memperoleh keberkahan dan kemuliaannya. Maka dari itu, mari kita persiapkan diri untuk menyambut Ramadan penuh berkah ini.Pemantauan Gerhana Bulan di Laboratorium Terpadu UIN Bandung

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments