Mon, 17 June 2024

Hari Buku Nasional, Waktunya Menumbuhkan Kecintaan Membaca Buku

Reporter: Ratih Rahmah Maulidina/Magang | Redaktur: Reta Amaliyah Shafitri | Dibaca 252 kali

Wed, 16 May 2018
Doc : depoktik.co.id

JURNALPOSMEDIA.COM–17 Mei diperingati sebagai Hari Buku Nasional. Perayaannya memang tidak besar-besaran dan meriah, namun lebih kepada memaknai upaya menumbuhkan dan meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia.

Penentuan 17 Mei sebagai Hari Buku Nasional merupakan ide Menteri Pendidikan Kabinet Gotong Royong, Abdul malik Fadjar sejak 2002. Di hari tersebut, juga bertepatan dengan peringatan pendirian Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpunas) di Jakarta pada 17 Mei 1980.

Penetapan Hari Buku Nasional diharapkan mampu memacu minat baca masyarakat Indonesia, sekaligus menaikkan penjualan buku. Pasalnya, di Indonesia,  rata-rata hanya 18 ribu judul buku yang dicetak tiap tahunnya. Jumlah tersebut jauh berbeda dengan negara lainnya, seperti Jepang dengan 40 ribu judul buku per tahun dan China dengan 140 ribu judul per tahun.

Selain Hari Buku Nasional, terdapat juga Hari Buku Sedunia yang jatuh pada 23 April. Peringatan Hari Buku Sedunia biasanya lebih populer dibandingkan Hari Buku Nasional. Hal itu sangat disayangkan mengingat Hari Buku Nasional seharusnya menjadi momentum penduduk Indonesia untuk lebih mengenal perpustakaan dan meningkatkan minat membaca buku.

Menumbukan kecintaan terhadap membaca buku menjadi tantangan bagi setiap individu, tetapi kita bisa menumbuhkan minat baca dimulai dari diri sendiri. Pelan-pelan, dengan memilih buku bacaan sesuai kesukaan. Seperti novel fiksi, non fiksi, biografi, atau bahkan komik.

Di era modern yang teknologinya semakin canggih, kita tidak harus punya buku fisik. Bisa juga membeli e-book, atau buku elektronik. Selain lebih mudah dan praktis, kita juga tidak perlu repot membawa buku berbentuk cetak.

Peringatan Hari Buku Nasional mampu memberikan dampak positif dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya buku, karena buku merupakan jendela dunia. Untuk memeriahkan Hari Buku Nasional, beberapa instansi seperti Perpusnas mengadakan acara dan kegiatan yang bertujuan mengajak masyarakat umum berkunjung ke perpustakaaan.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments