Gelar Donor Darah Kolaborasi Dema-F Psikologi dengan PMI

JURNALPOSMEDIA.COM- Bidang Sosial Masyarakat Dema-F Psikologi UIN Bandung bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung mengadakan kegiatan donor darah, Kamis (22/9/2022).

Ketua pelaksana kegiatan, Muhammad Iqbal Assalam menyebutkan, kegiatan donor darah ini merupakan program Bidang Sosial Masyarakat Dema-F Psikologi dan pengimplementasian dari kegiatan seminar yang diadakan sebelumnya.

“Jadi, hari sebelumnya kami Dema-F Psikologi bidang sosial masyarakat mengadakan kegiatan seminar kemanusiaan untuk mahasiswa psikologi dengan tema yang sama yaitu The Little Things for Humanity, nah sebagai wujud pengimplementasiannya ini kita memfasilitasi untuk membantu sesama melalui kegiatan donor darah,“ jelasnya.

Iqbal menjelaskan, kegiatan ini dibuka bukan hanya untuk mahasiswa Fakultas Psikologi saja melainkan seluruh mahasiswa UIN Bandung.

Ia juga menambahkan, dalam acara yang dilaksanakan di Gedung Auditorium Fakultas Psikologi ini, tidak semua pendaftar berhasil mendonorkan darahnya.

“Secara keseluruhan terdapat 78 orang pendaftar dengan 40 orang berhasil mendonorkan darahnya dan 38 orang tertolak untuk mendonorkan darahnya,” jelasnya.

Bidang Medis dan Konseling PMI Kota Bandung, Yani Nuraini menjelaskan ada syarat tertentu bagi pendonor darah yang dimana pendonor harus berusia diatas 17 tahun dengan berat badan diatas 47 Kg.

Tidak hanya itu, Yani juga menambahkan, sebelum melaksanakan transfusi darah, pendonor harus melaksanakan hal sebagai berikut.

“Harus sarapan dulu jangan kosong perut, terus cukup tidur minimal 5 jam tidak terpotong atau terus-menerus supaya pas diambil tidak pusing, bagi wanita tidak sedang haid, hamil, dan menyusui, dan tidak sedang makan obat selama tiga hari terakhir,” jelasnya.

Salah satu pendonor, Salman Haqqon mengungkapkan, dirinya merasa senang bisa menjadi salah satu pendonor dalam kegiatan tersebut.

Alhamdulillahsenang, saya ingin melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi manusia lain. Kalau untuk diri sendiri manfaatnya pasti ada meskipun tidak tahu, tapi untuk orang lain ini sangat membantu,” Jelasnya.

Terakhir, Iqbal berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi motivasi untuk membantu sesama dengan kegiatan donor darah.

Harapannya melalui kegiatan donor darah yang diadakan oleh Dema-F Psikologi ini mampu menjadikan masyarakat UIN Sunan Gunung Djati bisa melakukan donor darah rutin kedepan nya dan bisa memotivasi pihak lain untuk turut serta mengadakan kegiatan donor darah,” pungkasnya.

Reporter: Sopiyani Sholihah/ Redaktur: Siti Barkah

Rekomendasi
Leave A Reply

Your email address will not be published.