Sat, 24 February 2024

Belajar Daring Tetap Efektif, Berikut ini Tips Hadapi Pandemi di Bidang Pendidikan

Reporter: Risa Septia Annisa/Kontributor | Redaktur: Suryadi | Dibaca 229 kali

Wed, 11 August 2021
pembelajaran jarak jauh
Ilustrasi belajar online lewat aplikasi. (Raga Putra Wiwaha/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA.COM – Pandemi Covid-19 di Indonesia memberikan dampak pada berbagai bidang, salah satunya yaitu pendidikan. Kegiatan belajar mengajar yang biasa dilakukan secara tatap muka kini harus dilakukan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Pembelajaran jarak jauh merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Namun, dari kegiatan pembelajaran daring ini memberikan dampak, baik positif maupun negatif.

Dampak positif dari pembelajaran daring ini yaitu membantu mengurangi penyebaran virus Covid-19. Metode pembelajaran yang digunakan lebih variatif, siswa dan guru bisa lebih mengeksplorasi teknologi dan waktu lebih fleksibel.

Namun, seiring berjalannya waktu dikarenakan pandemi Covid-19 yang tidak kunjung usai, dampak negatif pembelajaran daring pun kini dirasakan oleh para peserta didik.

Adapun dampak negatif yang ditimbulkan dari PJJ ini yaitu sebagai berikut:

  • Anak lebih susah memahami materi pembelajaran
  • Anak lebih cepat merasa lelah karena harus melihat gawai dengan waktu yang cukup lama
  • Capaian belajar anak menurun
  • Anak lebih cepat merasa bosan
  • Anak mulai tidak bersemangat dalam kegiatan belajar

Dari dampak negatif di atas, berikut ini tips agar PJJ bisa tetap efektif.

1. Buat Ruangan Khusus untuk Belajar

Siapkan ruangan khusus yang nyaman untuk belajar, agar saat belajar online bisa lebih efektif dan tidak merasa terganggu. Karena dengan ruangan belajar yang mendukung akan membuat suasana belajar lebih nyaman.

2. Membuat Jadwal Belajar

Membuat jadwal belajar, maka belajar online akan lebih terstruktur dan konsisten. Sehingga, tidak ada lagi tugas dan kegiatan belajar yang tertunda dan jangan lupa sesuaikan pula jam belajar dengan waktu istirahat agar tidak cepat merasa lelah dan bosan ketika belajar

3. Siapkan Alat dan Teknologi dalam Kondisi yang Baik

Sebelum melaksanakan kegiatan belajar online, jangan lupa untuk menyiapkan alat dan teknologi yang mendukung agar saat kegiatan belajar berlangsung tidak akan terhambat. Misalnya, pastikan koneksi internet dan laptop dalam jaringan dengan kondisi yang baik, sehingga kegiatan belajar akan lebih efektif tanpa hambatan apapun.

4. Membuat Catatan Evaluasi

Setelah melakukan kegiatan belajar online, jangan lupa untuk membuat catatan evaluasi dari materi yang telah di sampaikan dan mengulang materi tersebut pada waktu senggang agar materi pembelajaran lebih mudah dipahami.

5. Memotivasi Diri

Terakhir, agar tidak selalu merasa malas, alangkah baiknya untuk memotivasi diri. Karena dengan memotivasi diri akan mendorong aktivitas sehari-hari agar sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.

Tips di atas merupakan bentuk penanggulangan Covid -19 dalam bidang pendidikan yang dapat membantu agar PJJ bisa tetap efektif. Semoga dapat membantu dan pandemi Covid -19 ini bisa segera berakhir.

Tetap semangat dan jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan!

 

Penulis merupakan mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) semseter VI

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments