Mon, 17 June 2024

Mengenal D4 dan S1, Setara Namun Tidak Sama

Reporter: Sopiyani Solihah | Redaktur: Hilma Halimah | Dibaca 248 kali

Wed, 13 July 2022
Sumber: Pixabay

JURNALPOSMEDIA – Menurut Website Poltek Indonusa Surakarta, sarjana terapan (D4) adalah jenjang pendidikan yang setara dengan sarjana akademik (S1). Perbedaannya, pada jenjang S1 bobot keilmuan sebesar 70% dengan praktek sekitar 30%. Sebaliknya, pada D4 bobot praktek lebih besar, yakni 70% dan teori (keilmuan) 30%.

Ingat ya, D4 dan S1 adalah setara bukan sama. Jika memang setara tapi berbeda, mana yang lebih unggul?

Dalam akun Quora, seorang peneliti di University of Oulu Finlandia, Hany Ferdinando menjelaskan kekurangan dan keunggulan masing-masing dari dua lulusan program ini akan terlihat saat mereka bekerja sesuai dengan target pasarnya.

Jika dilihat dari lamanya perkuliahan, keduanya memiliki jangka waktu yang sama, yaitu empat tahun atau delapan semester. Program akademik (S1) diarahkan untuk mampu menguasai dasar ilmiah, menerapkan ilmu pengetahuan, dan keterampilannya dalam bidang tertentu. Sedangkan untuk lulusan D4, mereka lebih difokuskan untuk memiliki kemampuan dasar profesional keterampilan manajerial.

Sebagai contoh, mereka yang belajar di Ilmu Teknik akan belajar matematika lebih intensif. Pembelajaran ilmu statistikanya juga akan lebih tinggi karena mereka dipersiapkan untuk masuk ke dunia riset. Program vokasi diarahkan untuk memenuhi pasar kerja yang berbau praktik lebih luas, di luar dunia akademik seperti pabrik dan kantor jasa tertentu.

Jadi, untuk memberikan jawaban mana yang lebih unggul, tidak bisa kita sebutkan begitu saja karena keduanya memiliki sisi kekurangan dan kelebihan yang saling melengkapi. Sarjana vokasi (D4) berkemungkinan lebih dalam praktek kerja di lapangan, sedangkan sarjana akademik memenuhi porsi di bidang teorinya.

Meskipun demikian, jika kita ingin berbicara mengenai gelar, maka S1 lebih diuntungkan karena gelarnya lebih dikenal oleh masyarakat dan banyak perusahaan yang mencantumkan persyarakatan lulus S1 untuk para pendaftar lowongan kerja. Tetapi, untuk kalian sarjana vokasi (D4), tidak perlu merasa tidak adil ya! Ketika ada lowongan pekerjaan untuk lulusan S1, kalian bisa mencoba terlebih dahulu karena kembali lagi, D4 dengan S1 adalah setara. Semoga bermanfaat!

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments