Sat, 18 May 2024

Foto Story, Bercerita Lewat Fotografi

Reporter: Dian Aisyah | Redaktur: Monica Deasy Deria | Dibaca 253 kali

Mon, 27 February 2017

 

Redaktur Foto Harian Umum Republika, Yogi Ardhi sedang mengisi acara Diskusi Fotografi Jurnalistik di Aula Abdjan Soelaiman, UIN Bandung, Senin (27/2/2017). Materi tersebut bertemakan “Aplikasi Isu Sosial Dalam Foto Story”. (Jurnalposmedia/ Syawal Febrian).

JURNALPOSMEDIA.COM– Redaktur Foto Harian Umum Republika, Yogi Ardhi menyampaikan materinya mengenai Foto Story dalam acara Diskusi Fotografi Jurnalistik yang berlangsung di Aula Abdjan Soelaiman, UIN Bandung, Senin (27/2/2017). Ardhi menjelaskan foto story membutuhkan keterampilan bercerita yang bagus dengan media fotografi. Rangkaian foto tersebut tidak hanya dibuat dalam beberapa jam saja, bahkan bisa berhari-hari di tempat yang berbeda.

“Foto story itu bermacam-macam prosesnya, ada yang hanya membutuhkan 30 menit, atau berhari-hari bahkan hingga tahunan,” jelasnya.

Menurutnya foto story konsisten secara visual dan lebih efektif menekankan unsur how dalam berita. Dalam foto tersebut lebih banyak melibatkan manusia, sehingga pendekatan sosial adalah salah satu faktornya. Untuk memudahkan proses pemotretan, fotografer harus membangun mental dan terus berlatih.

“Mau jenis apapun kamera kita, kamera yang sebenarnya ada di otak kita,” tutup Yogi dalam materinya.

Salah satu peserta dalam diskusi, Annisa mengapresiasi adanya diskusi tersebut. Ia mengaku termotivasi untuk berkarya di dunia fotografi. “Dengan mengikuti kegiatan ini, ilmu fotografi saya lebih bertambah lagi dan memotivasi saya untu terus berkarya,” ungkapnya saat ditemui di Aula Abdjan Soelaiman.

 

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments