Dua Jenis Batik Jadi Tren di 2017

JURNALPOSMEDIA.COM-Hari batik nasional yang diperingati oleh bangsa Indonesia setiap tanggal 2 Oktoberi. Hari  tersebut telah ditetapkan pada tahun 2009 oleh UNESCO sebagai warisan untuk budaya lisan dan non bendawi (Masterpiece of the Oral Intangible Heritage of Humanity).

Batik sudah dikenal dan tersebar ke seluruh dunia. Dengan seiring  perkembangan zaman yang pesat, modifikasi selalu  disediakan dari berbagai jenis batik sehingga tidak membuat bakti tampil monoton. Kini, warna dan motif batik semakin beragam model yang disajikan sesuai dengan tren

Industri batik semakin maju ditambah lagi dengan bermunculannya industri besar maupun kecil yang berkecimpung didalam produksi kain khas nusantara ini. Sejak awal batik sudah akrab  dikenakan semua kalangan tanpa mengenal gender, latar belakang dan lapisan masyarakat. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, kaya dan miskin, bahkan berpendidikan atau tidak, batik  sudah bersahabat dan tetap merakyat.

Bahkan, banyak lembaga atau institusi yang mewajibkan mengenakan batik pada hari-hari tertentu sebagai penghargaan dan penghormatan terhadap batik. Hal  ini membuat pengusaha batik  harus bisa memproduksi semenarik mungkin dengan mengikuti perkembangan tren yang kekinian sehingga tetap mempertahankan batik yang berkualitas dan digemari masyarakat, seperti dua batik yang sedang menjadi tren di tahun 2017 ini yaitu, Batik Sogan dan Batik Tisu.

Batik sogan

Pada musim ini batik sogan menjadi salah satu batik favorit di masyarakat, batik sogan adalah batik klasik yang masih terasa kental unsur tradisionalnya dengan dominasi warna gelap seperti coklat dan hitam. Salah satu tokoh yang senang menggunakan batik sogan adalah orang nomor 1 di Indonesia yaitu Presiden Joko Widodo.

Menurut pemilik toko batik di Pasar tradisional pasar baru, Neli (43) saat ini batik yang sedang trend dipasaran adalah batik sogan, dengan pola atau bentuk kemeja dan warna gelap coklat dan hitam khas batik sogan. Batik sogan sendiri dijual dengan berbagai macam harga, dari Rp75.000-Rp.250.000, tergantung bahan dan keaslian motifnya.

Batik Tisu

Setiap kali membicarakan batik pasti banyak yang berfikir mengenai warnanya yang gelap dan monoton. Berbeda dengan apa yang ada di pikiran masyarakat, batik tisu memiliki warna yang berbeda dengan motif awan atau genangan air seperti batik megamendung khas cirebon, warnanya yang cerah dan kalem ini masih menjadi tren dipasaran.

Menurut Neli batik tisu sudah menjadi trend sejak 2016, meski berganti tahun batik tisu masih menjadi trend di masyarakat, banyak yang masih mencari batik tisu karena warnanya yang tidak monoton. Harga yang ditawarkan untuk batik tisu juga tidak berbeda jauh dengan batik sogan.

 

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.