Thu, 20 June 2024

Ciung Wanara Bersiap Ikuti Perlombaan Dispora dan BK Porda

Reporter: Luqy Lukman Anugrah | Redaktur: Putri Restia Ariani | Dibaca 337 kali

Sun, 8 November 2020
ciung wanara
Atlet perguruan pencak silat Ciung Wanara berlatih pada Sabtu (7/11/2020) untuk menghadapi perlombaan yang akan digelar secara virtual oleh Dinas Olahraga dan Kepemudaan (Dispora) se-Jawa Barat pada 11 November mendatang. (Luqy Lukman Anugrah/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA.COM – Perguruan pencak silat Ciung Wanara mengadakan latihan di Jalan Dipatiukur, Kecamatan Coblong, Bandung untuk mengikuti perlombaan virtual Dinas Olahraga dan Kepemudaan (Dispora) se-Jawa Barat. Adapun perlombaan tersebut akan digelar pada 11 November mendatang.

Selain perlombaan yang digelar Dispora, Ciung Wanara juga berlatih untuk menghadapi Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (BK Porda), “Kami menginstruksikan latihan bersama dengan dibagi beberapa tahap atau jadwal sampai dengan sekarang,” ungkap Ketua Perguruan Ciung Wanara, Kustika Gunawan, Sabtu (7/11/2020).

Kegiatan latihan itu pun dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Lebih lanjut, Kustika mengatakan bahwa pandemi Covid-19 berdampak pada semua kegiatan latihan yang sempat berhenti lebih dari tiga bulan lamanya. Sehingga latihan pun mau tak mau harus dilangsungkan di rumah masing-masing anggota.

Hal tersebut lantas membuat pelatih bekerja lebih keras dalam melatih para atlet Ciung Wanara. Tak hanya itu, situasi pandemi juga dirasa sangat berpengaruh terhadap performa para atlet. Seperti yang diungkapkan atlet pencak silat yang pernah menjadi juara 1 di kejuaran Nasional Hanifan YK Championship 2019Egina.

“Saat kembali latihan, performa jelas menurun. Seperti kembali kepada saat awal latihan pencak silat, hilang sentuhannya dalam berlatih,” ungkapnya. Ia pun berharap pandemi ini segera berakhir agar kegiatan termasuk perlombaan seni pencak silat dapat kembali dilakukan secara normal.

Perguruan pencak silat Ciung Wanara sendiri telah berdiri sejak 1958 dan melahirkan banyak atlet yang bersaing di tingkat lokal, nasional maupun internasional. Keanggotaannya terdiri umur 6-12 tahun (usia dini), 12-15 tahun (pra remaja), 15-17 tahun (remaja), hingga usia dewasa.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments