Sat, 24 February 2024

Ingin Menjadi Mahasiswa Produktif? Yuk Simak Tips Berikut Ini

Reporter: Anira Nurhaliza Tamara/Magang | Redaktur: Suryadi | Dibaca 219 kali

Sat, 5 June 2021
Mahasiswa Produktif
(Sumber: fh.ummetro.ac.id)

JURNALPOSMEDIA.COM – Mahasiswa produktif adalah mahasiswa yang bisa mengatur waktunya dengan baik guna menghasilkan manfaat untuk dirinya maupun orang lain.

Masa pandemi saat ini bukan menjadi penghalang untuk tetap produktif. Salah satunya mahasiswi Universitas Udayana, Amira Kanaya. Selain aktif di Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HMHI), ia juga mengikuti organisasi Bye Bye Plastic Bag.

Karena aktif di dua organisasi dan menjabat sebagai wakil ketua himpunan, Amira mengatakan dirinya lebih mengutamakan organisasi HMHI.

”Kalau cara membagi waktunya, kalau ada waktu kosong aku mengikuti kegiatan yang Bye Bye Plastic Bag. Tapi kalau penuh dengan program kerja (proker), aku lebih memprioritaskan himpunan,” ujarnya, Jumat (4/6/2021).

Ia menambahkan, selama bisa membagi waktu dengan baik, organisasi bukan menjadi penghalang perkuliahan.

Kalau aku pribadi sih membagi waktunya, aku tempel post it di kaca tentang jadwal organisasi dan perkuliahan. Yang pasti aku memprioritaskan kuliah, jadi jadwal yang kosong aku gunakan untuk berorganisasi,” tuturnya.

Berikut ini, tips yang dilakukan Amira agar menjadi mahasiswa produktif.

1. Mengetahui Limit Dirimu Sendiri

Menurut Amira, seorang mahasiswa harus mengetahui batas organisasi yang akan diikuti. Jangan pernah memaksakan untuk mengikuti banyak organisasi. 

2. Buatlah Reminder

Jika mengikuti banyak organisasi, buatlah pengingat jadwal baik di catatan gaget atau ditempelan post it di kamar. Sehingga dapat meminimalisir lupa dan tidak bertabrakan dengan agenda yang lain.

3. Kuliah Tetap Diprioritaskan

Jangan sampai organisasi melalaikan tanggung jawab mahasiswa dalam berkuliah. Menurutnya, tujuan berkuliah itu untuk belajar dan menimba ilmu sebagai seorang mahasiswa. Organisasi itu penting dan cari relasi itu penting. Namun, harus tetap mementingkan kuliah dari pada organisasi.

4. Ikuti Organisasi Sesuai Passion 

Jangan mengikuti organisasi karena ikut-ikutan teman. Pilihlah organisai yang disukai, agar semangat menjalaninya dan tidak berhenti di tengah jalan.

5. Organisasi itu Penting

Amira berpesan, tanamkan dalam diri bahwa mengikuti organisasi itu sesuatu yang penting. Karena, jika mengikuti organisasi akan menambah relasi pertemanan yang akan dibutuhkan di masa depan.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments