Bangga! Inilah Peran Penting Indonesia Dalam Menciptakan Perdamaian Dunia

JURNALPOSMEDIA.COM – Diperingati setiap 24 Oktober, tahun ini United Nations atau Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) genap berusia 76 tahun. Organisasi yang dibentuk setelah terjadinya Perang Dunia II 1945 memiliki tujuan memelihara perdamaian dunia dan keamanan internasional.

Untuk mencapai cita-citanya, negara anggota PBB harus mengikuti asas, tujuan, dan aturan yang tertuang dalam United Nations Charter (Piagam PBB). Salah satu poin Piagam PBB menyebutkan bahwa setiap negara bertekad untuk menyelamatkan generasi mendatang dari bencana perang.

Sebagai anggota PBB, Indonesia berperan aktif dalam menciptakan perdamaian dunia. Hal itu tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alinea I yang berbunyi, “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.’’.

Lantas sebesar apa sih peran Indonesia dalam menciptakan perdamaian dunia?

Peran Indonesia Dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Untuk mewujudakan amanat UUD 1945 dan Piagam PBB, Indonesia mengambil peran dalam menjaga ketertiban dunia dan menolak segala bentuk penjajahan. Indonesia melakukan kerja sama antarnegara di bidang ekonomi, sosial, dan kemanusiaan sebagai wujud penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia (HAM).

Pada 1957, Indonesia mendapatkan misi untuk membantu menyelesaikan konflik yang terjadi di Mesir. Saat itu, Indonesia mengirimkan Kontingen Garuda I (Konga I) sebagai bentuk rasa terima kasih kepada Mesir sebagai negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

Setelahnya, Kontingen Garuda semakin dipercaya sebagai pasukan terbaik perdamain PBB. Dilansir dari Detik.com, hingga 31 Januari 2020 tercatat sebanyak 2.704 personel TNI dan Polri yang tergabung dalam Konga menjadi jumlah terbanyak di Asia Tenggara.

Selain menjaga ketertiban, berikut peran penting Indonesia dalam berbagai bidang kehidupan.

  1. Indonesia berperan dalam bantuan kemanusiaan

Pada September 2021 lalu, Indonesia memberikan bantuan senilai USD 200.00 untuk bantuan kemanusiaan kepada Myanmar. Tujuannya sebagai bentuk mitigasi krisis yang sedang dialami Myanmar akibat pandemi dan kudeta. Hal itu sebagai wujud komitmen Indonesia dalam menciptakan kawasan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

  1. Indonesia berperan aktif dalam mendukung kebebasan Palestina

Sebagai salah satu anggota PBB, Indonesia mengecam segala bentuk kerusakan yang diakibatkan perang. Konflik Palestina-Israel yang terjadi hingga hari ini, membuat Indonesia terdepan untuk mendukung kemerdekaan dan berusaha menghentikan peperangan. Bantuan pemerintah, masyarakat, dan aktivis terus mengalir untuk Palestina.

  1. Indonesia berperan aktif dalam hubungan internasional

Sebagai negara yang bersahabat, Indonesia mengirimkan duta besar atau menerima duta besar negara lain untuk menjalin kerja sama. Peran ini dapat dilihat dari banyaknya mahasiswa yang menimba ilmu di luar negeri atau pun sebaliknya.

Momentum United Nations Day diharapkan dapat merekatkan persaudaraan antarbangsa sehingga terciptanya perdamaian abadi dan keadilan sosial. Tidak hanya itu, negara anggota PBB harus lebih memperhatikan lagi perubahan iklim yang terjadi saat ini demi terciptanya bumi yang lebih baik.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.