Hayu Diajar Bumi Pasundan 2021, Program Baru Edukasi Anak di Jabar

JURNALPOSMEDIA.COM- Jabar Bergerak Zillenial (JBZ) mengadakan program Hayu Diajar Bumi Pasundan (HYDBP) di 27 Panti Asuhan, Jawa Barat selama Oktober 2021. Program ini merupakan sebuah program yang dikembangkan secara inklusif oleh para pemuda Jawa Barat yang berfokus pada sektor pendidikan anak.

Project Officer, Faisal Dzaky Affianto menjelaskan bahwa HYDBP bertujuan untuk memberikan sebuah transfer ilmu dengan cara mengedukasi setiap anak yang belum dapat mengakses informasi pengetahuan dengan cepat akibat keterbatasan fasilitas, mobilisasi, dan rendahnya kesadaran literasi. Khususnya, pendidikan karakter yang sesuai dengan agama, norma, budaya, dan nilai-nilai Pancasila.

Inovasi yang dibawa ini menjadi terobosan awal guna memberikan dampak yang lebih meluas serta dinamis terhadap pendidikan anak. Kemudian, program ini juga mengajak lebih banyak lagi para pemuda Jawa Barat untuk berkontribusi bersama demi memajukan potensi sumber daya manusia terkhusus di Jawa Barat melalui pendidikan.

Program HYDBP dilaksanakan selama tiga hari pada Oktober secara luring, serentak di 27 Kota/Kabupaten dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Jadwal pelaksanaannya, ditentukan oleh masing-masing volunteer di tiap daerah, dengan pembagian tiap daerah perhari sebanyak 5 orang.

Adapun berbagai kegiatan yang dibawakan volunteer ialah pengenalan profesi dan cita-cita, jelajah buku, jelajah bahasa yang meliputi bahasa Inggris dan daerah), fun activities berupa permainan tradisional, dan kisah-kisah di Indonesia.

Bahkan HYDBP mulai peduli mengangkat isu self-awareness tentang perlindungan diri, mengenal dan meregulasi emosi, menjaga kesehatan di era pandemi.

Dalam press release yang Jurnalposmedia dapatkan, HYDBP sudah terlaksana selama empat kali. Berbeda dari batch sebelumnya yang hanya terlaksana di daerah Bandung, HYDBP batch ke-4 bisa meluas se-Jawa Barat.

“Karena, mengacu kepada tujuan ingin membangun pemuda Jawa Barat lebih aktif, inovatif, kreatif, dan sadar akan lingkungannya,” tulis press release yang dikeluarkan.

Saat ini, untuk mengetahui informasi pendaftaran volunteer HYDBP, bisa diakses di Instagram @Jaberzillenial.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.