Angkat Isu Perempuan, Teater Awal Wakili Indonesia di Ajang Video Art Se-Asia Tenggara

JURNALPOSMEDIA.COM- Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Awal UIN Bandung, Ilyas Mate terpilih menjadi salah satu perwakilan Indonesia atas karya seni videonya (art video) pada gelaran Aesthetic Bilineal Perform Pavilion Bangkok Performer 2021, sebuah ajang video art se-Asia Tenggara. Acara ini akan dilangsungkan akhir tahun 2021 mendatang.

Karya video art berjudul 7Traces of Sriwedari berisi apresiasi Ilyas terhadap para perempuan, dan dikemas dengan bentuk simbolik yang menampilkan visual performance, “Saya merespons perempuan. Saya mengapresiasi perempuan, saya melihat suatu hal yang ada di perempuan, (terkait) kehebatannya, juga integritasnya,” ungkapnya, Jumat (24/9/2021).

Ia ingin memunculkan sisi lain dari seorang perempuan yang berbeda dari pandangan masyarakat pada umumunya, “Perempuan itu punya hal lain. Punya sesuatu yang biasanya orang-orang pandang bahwa perempuan itu seperti ini (lazimnya). Nah, (tapi) saya ingin memunculkan hal lainnya,” jelasnya.

Meski proses produksi memakan waktu hanya satu bulan, namun menemukan ide gagasan dengan mengangkat “Sriwedari” membutuhkan sekitar satu tahun lamanya, “Kalau gagasan ‘Sriwedari’ dari tahun kemarin. Berarti satu tahun saya membuat gagasannya. Tapi untuk proses pembuatannya hanya satu bulan,” ucapnya.

Adapun kendala yang dialami terletak pada strukturisasi tim produksi yang ideal, agar benar-benar bisa mewujudkan maksud gagasan yang dituju.  Lebih lanjut Ilyas mengungkapkan bahwa karyanya dikonfirmasi akan ditayangkan secara hybrid screening di Bangkok. 

Terakhir, Ilyas berharap karyanya dapat diterima oleh masyarakat. Serta pesan yang terdapat dalam karyanya bisa tersampaikan dengan baik melalui sudut pandang yang berbeda, “Ya mudah-mudahan bisa diterima oleh masyarakat dan pesannya dapat tersampaikan,” pungkasnya. 

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.