Thu, 23 May 2024

Tue, 19 April 2022

JURNALPOSMEDIA – Media sosial baru-baru ini diramaikan dengan adanya Non-Fungible Token (NFT). Berkembangnya teknologi, banyak platform digital bermunculan, seperti OpenSea, Rarible, Foundation, Larva Labs, SuperRare, dan masih banyak lagi.

Dilansir dari pintu.co.id, NFT adalah aset digital yang mewakili barang berharga dengan nilai yang tidak dapat diganti ataupun ditukar. Setiap NFT memiliki data catatan transaksi di dalam blockchain. Data ini berisi tentang histori kepemilikan, harga, dan siapa penciptanya.

Seorang Digital Artist, Maorachmansyah, berbagi ceritanya kepada Jurnalposmedia perihal NFT, Kamis (24/2/2022). Pemilik akun Instagram @miao.exe ini, mulanya mengetahui dunia aset digital lewat temannya sekitar Maret 2021 lalu. Setelah mempelajari lebih lanjut, akhirnya ia tertarik dan mulai berkarya pada Agustus 2021.

Sebagai seorang digital artist, Mao mengaku merasakan banyak dampak positif dari adanya NFT ini. Menurutnya, selain proses penjualan yang mudah, royalti yang didapat melalui NFT juga sangat menguntungkan.

“Pertama, lebih mudah untuk menjual karya (NFT) tentunya. Kedua, royalti yang didapat setiap karya yang dijual itu pasti ada royalti. Sebagai artist, dengan adanya royalti ini sangat membantu karena tiap karya kita berpindah kepemilikan, kita dapat royaltinya,” ujarnya.

Sampai saat ini, Mao telah berhasil menjual 240 edisi karyanya lewat tiga platform yang berbeda. Bukan hanya soal keuntungan dan kepuasan, dunia NFT juga dapat memperluas relasi dan koneksi antar sesama digital artist.

“Kalau kita menjual karya fisik, kepuasannya lebih karna kita bisa ketemu langsung sama pembeli, dan kita pasti tahu siapa yang beli. Kalau karya digital, penjualannya lebih cepat, tidak perlu ribet untuk packing dan sebagainya,” Jelasnya.

Hal serupa disampaikan Digital Artist lainnya, Nurul Yumna Haura. Pemilik akun Instagram @nyumnya ini terinspirasi dari seorang graffiti artist yang menjual karyanya lewat NFT. Dari situ, Nurul mencari tahu dan akhirnya mulai terjun ke dunia NFT pada Oktober 2021 lalu.

“NFT begitu menguntungkan sih kalau menurut aku, soalnya di NFT itu kita bebas berkarya mau seperti apa, asal strateginya bagus,” ujarnya, Selasa (22/2/2022).

 

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments