Sun, 21 July 2024

5 Tips Menghindari Konflik Ketika Menyampaikan Pendapat

Reporter: Lidya Marliana | Redaktur: Hilma Halimah | Dibaca 437 kali

Fri, 4 March 2022
Ilustrasi orang menyampaikan pendapat (Sumber: Pexels)

JURNALPOSMEDIA.COM Setiap individu sejatinya memiliki karakter juga pemikiran yang berbeda-beda. Hal itu kerap kali menjadi pokok permasalahan ketika kita ingin menyampaikan pendapat. Beberapa orang merasa tidak nyaman ketika akan menyampaikan pendapat karena takut menyinggung perasaan orang lain atau memang tidak terbiasa berbicara di depan orang banyak.

Maka ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika menyampaikan pendapat demi menghindari konflik dan tidak takut lagi dalam menyampaikan pendapat. Melansir dari yoursay.id, berikut tips-tips yang perlu digarisbawahi dalam menyampaikan pendapat.

1. Kenali Diri Sendiri

Cobalah untuk bisa memahami apa yang sedang kamu rasakan, seperti rasa takut, panik, sedih, dan lainnya. Hal ini sangatlah penting dalam berkomunikasi karena ketika kamu paham dengan apa yang sedang kamu rasakan, maka kamu akan mudah mengelola emosi tersebut agar tidak menghambat kamu ketika menyampaikan pendapat.

2. Memahami Informasi yang Akan Disampaikan

Cobalah untuk memahami informasi atau pendapat yang ingin kamu sampaikan. Hal itu bertujuan agar kamu bisa menyampaikannya dengan jelas dan mudah dimengerti orang lain. Susunlah poin-poin penting sebagai pengingat kamu agar tidak keluar dari konteks pembahasan dan tetap relevan.

3. Perhatikan Nada Suara Kamu Saat Berpendapat

Sesuaikan intonasi kamu dalam berbicara agar tidak menimbulkan kesalahpahaman. Nada yang terkesan tegas bukanlah masalah asalkan tetap memperhatikan sopan santun. Jangan sampai berteriak atau sampai membentak  karena itu akan membuatmu jadi lebih emosi dan akan berakibat buruk.

4. Yakin dengan Pendapatmu Sendiri

Sebelum mengutarakan pendapat pastikan kamu telah menggali informasi terkait hal-hal yang akan kamu utarakan agar kamu bisa yakin dan percaya diri. Dengan begitu, kamu akan mudah  untuk menjawab pertanyaan/argumen dari orang lain.

5. Jangan Memotong Orang yang Sedang Berbicara

Jangan sesekali kamu memotong pembicaraan orang yang sedang berbicara. Hal itu justru akan membuat kamu terkesan tidak sopan dan memicu terjadinya pertengkaran. Apabila ada hal yang mendesak, izinlah terlebih dahulu untuk memotong pembicaraan.

Setiap orang memiliki hak yang sama ketika hendak berpendapat. Namun, agar tidak memicu terjadinya konflik, kamu perlu mengingat lima tips di atas ya. Semoga bermanfaat!

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments