Isu Menarik dari Rekomendasi Film Dark Comedy

JURNALPOSMEDIA.COM-Genre dalam film tentunya merupakan sesuatu yang harus diperhatikan khususnya bagi penikmat film. Apalagi genre tersebut menjadi aspek penting untuk mengetahui akan kemana alur cerita sebuah film. Tapi bagaimana jika genre tersebut malah tersirat atau tidak diketahui sebelumnya? Film bergenre “dark comedy’ mempunyai daya tarik tersendiri khususnya bagi penikmat film.

Biasanya, Black Comedy atau Dark Comedy adalah film yang mengambil subjek yang berat, kontroversial, mengganggu, atau umumnya terlarang dan mengemasnya dengan cara yang lucu. Beberapa Dark Comedy dibuat untuk mengagetkan audiens mereka dengan sikap humor yang tak terduga tentang topik serius. Dalam banyak kasus, tujuan dari komedi hitam adalah untuk menjelaskan masalah subjek yang kontroversial atau mengganggu melalui humor. Banyak juga film yang merupakan film drama, thriller, atau horor yang mengandung beberapa momen Dark Comedy.

Beberapa film bergenre ini sudah muncul sejak tahun 90-an. Beberapa contoh film Dark Comedy yang terkenal adalah, Fargo (1996), Fight Club (1999), dan American Psycho (2000). Namun dalam hal ini, penulis akan merekomendasikan beberapa film dan drama Dark Comedy terbaru menurut penulis yang sudah meledak di pasaran.

  1. Parasite (Film/2019)
Sumber: Diupload oleh NEON (Youtube)

Film garapan Bong Joon-Ho kembali menyuguhkan film yang sukses di pasaran setelah sebelumnya The Host (2006), Snowpiercer (2013), Mother (2009), serta film yang membuat debut di Cannes, ‘Okja’ (2017). Film Parasite ini juga mendapat penghargaan di Festival Film Internasional Cannes 2019 sebagai peraih penghargaan tertinggi, Palme d’Or.

Seperti yang sudah diketahui dan sudah banyak di review oleh beberapa pengamat film, Parasite mempunyai beberapa makna tersirat yang disajikan dengan genre Dark Comedy. Makna yang terlihat jelas adalah, si sutradara ingin menyampaikan isu kesenjangan sosial yang terjadi khususnya di Korea, bagaimana ia mencoba memotret kehidupan orang-orang dengan keadaan yang berbeda untuk hidup di satu ruang yang sama.

Disajikan lewat humor-humor yang satire yang sangat mulus, dan lewat karakter, serta  gambar-gambar yang kontradiktif namun simple. Yang membuat film ini tak terduga adalah, unsur ‘thriller’ yang disuguhkan di akhir film membuat kita tercengang dan mencoba memikirkan apa yang sedang terjadi.

  1. Ready Or Not (Film/2019)
Sumber: Liputan6.com

Film bergenre America Black Horror Comedy ini, sebenarnya tergolong ringan bagi film bergenre Horror dan Thriller lainnya. Film yang dibintangi Samara Weaving ini mengisahkan kejadian yang bisa jadi mimpi buruk bagi seorang pengantin baru.

Lagi lagi isu kesenjangan sosial yang terlihat ingin disajikan sang sutradara lewat film bergenre Dark Comedy ini. Bermula dari kebahagiaan Grace (Samara Weaving) yang mampu menikahi sosok pujaan hatinya, Alex (Mark O’Brien). Alex merupakan anak bungsu dari keluarga kaya raya pengusaha permainan, Le Domas. Ternyata keluarga Alex menyimpan banyak rahasia, Grace diminta memainkan permainan yang ditunjukkan untuk menyambut keluarga baru Le Domas. Ternyata lewat permainan itu lah, nyawa Grace di pertaruhkan.

Comedy dalam film Horror ini ditunjukkan di bagian akhir yang tentunya tidak diduga-duga. Selain permainan Comedy pada film tersebut. Isu kesenjangan sosial terlihat pada Grace yang bukan dari keluarga kaya tetapi berhasil menikahi pujaan hatinya yang berasal dari keluarga kaya raya dan Grace merasa dirinya lah yang perlu dipertahankan. Dibalik beberapa kekurangannya, film ini menjadi film bergenre Dark Comedy yang menarik untuk ditonton dari alur dan pesan yang ingin disampaikan sang sutradara.

  1. Sky Castle (Drama/2018)
Sumber: jateng.tribunnews.com

Drama ini menceritakan tentang  4 keluarga yang tinggal di lingkungan elite bernama Sky Castle. Mereka mencoba membuat suami mereka semakin sukses dan juga terobsesi terhadap pendidikan anak-anak mereka, demikian dilansir Asianwiki.

Para ibu-ibu ini menggunakan berbagai cara untuk memasukkan anak-anak mereka ke sekolah bergengsi Seoul National University (SNU). Drama ini juga dengan jelas menggambarkan jiwa anak-anak dari keluarga tersebut menjadi serba salah karena tekanan untuk mendapatkan prestasi akademik.

Dibalik kesuksesan Drama ini yang berhasil tamat dengan mencatat rekor sebagai drama dengan rating tertinggi dalam sejarah TV kabel, yaitu sebesar 23,8 persen, drama ini bisa dikategorikan sebagai salah satu genre Dark Comedy. Terlihat dari pesan yang terkandung dengan membahas isu-isu pendidikan dan kehidupan para elite Korea yang sebenarnya penuh perjuangan. Bagaimana kehidupan para elite korea yang bergelimang harta tetapi ditunjukkan bahwa mereka tidak benar-benar bahagia lewat adegan bunuh diri salah satu ibu dari keluarga elite tersebut di awal-awal episode.

Demikian tiga film terbaru bergenre Dark Comedy yang menarik untuk ditonton dan dibahas mengenai isu-isu yang disampaikannya. Tentunya bisa dinikmati dan diambil pesan positifnya. Happy Watching, Film Lovers!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.