3 Tempat Wisata Favorit di Garut Saat Masa Liburan

JURNALPOSMEDIA.COM – Sebagai kota yang dianugerahi begitu banyak keindahan alam, Garut menjadi salah satu destinasi wisatawan. Baik wisatawan luar kota maupun mancanegara banyak menghabiskan libur hari raya bersama keluarga, pasangan atau kawan. Banyaknya objek wisata dengan keindahan alam yang menakjubkan dan biaya yang terjangkau menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Garut salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang juga dikenal “Swiss Van Java”. Dengan berbagai keindahan alam yang ditawarkan tidak heran banyak wisatawan dari dalam maupun luar Garut rela jauh-jauh datang untuk menikmati keindahan alamnya. Pada momentum libur hari raya tahun ini, terdapat 3 obyek wisata yang banyak dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Berikut 3 lokasi obyek wisata tersebut.

1. Pantai Santolo

Wisatawan memadati Pantai Santolo, Kabupaten Garut, Sabtu (8/6/2019) (Gambar: Instagram.com/garut_turunankidul)

Terletak di Kecamatan Cikelet, Garut Selatan, Pantai Santolo menjadi tempat wisata dengan pengunjung yang selalu membludak setiap libur Iedul Fitri tiba. Tak hanya keindahan pantai, letak yang dekat dengan obyek wisata lainnya menjadi nilai tambah bagi pantai ini. Selain itu, terdapat penginapan yang terjangkau bagi wisatawan yang ingin bermalam di sini. Jarak dari Pusat Kota Garut ke Pantai Santolo sekitar 90 km atau sekitar 3 jam perjalanan.

2. Leuwi Tonjong

Pesona alam Leuwi Tonjong yang menarik wisatawan. (Gambar: Dokumentasi Pribadi)

Merupakan danau yang terletak di Kecamatan Cihurip, Garut Selatan dan berjarak 49 km dari Pantai Santolo. Jika dari arah Pusat Kota Garut bejarak 66 km. Dari tempat parkir, pengunjung harus berjalan 15 menit menuju danau. Adanya air terjun kecil yang diapit oleh dua tebing besar yang indah menjadikan Leuwi Tonjong sebagai obyek wisata yang banyak dikunjungi. Tiket masuknya pun terjangkau, hanya dengan Rp. 15.000 pengunjung bisa menikmati pesona danau yang indah. Selain itu, pengunjung bisa berenang karena airnya jernih dan tidak telalu dalam. Namun akses jalan menuju tempat ini terbilang tidak memadai karena banyak jalanan yang rusak.

3. Gunung Papandayan

Salah satu lokasi favorit wisatawan di Gunung Papandayan. (Gambar: Dokumentasi Pribadi)

Terletak di dua desa yaitu Desa Karamatwangi dan Desa Sirna Jaya Kecamatan Cisurupan, Gunung Papandayan menjadi destinasi yang banyak dikunjungi. Terdapat beberapa obyek dapat memanjakan mata. Di antaranya Hutan Mati, Taman Bunga Edelweiss, dan kawah. Dengan tiket Rp. 30.000 pada hari libur, pengunjung sudah bisa menjelajahi berbagai tempat. Untuk wisatawan mancanegara tiket bisa didapat Rp. 300.000. Pengunjung pun bisa bekemah dengan biaya Rp. 30.000/malam.

Itulah tiga tempat wisata di Kabupaten Garut yang banyak dikunjungi saat libur lebaran. Walaupun tempat-tempat tersebut cukup jauh dari perkotaan, tidak menghalangi para wisatawan untuk berlibur.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.