Thu, 29 February 2024

Website Masjid Ikomah UIN Bandung: Media Dakwah Masa Kini

Reporter: Sopiyani Solihah/Siti Mariyam | Redaktur: Hilma Halimah | Dibaca 336 kali

Tue, 15 March 2022
UIN Bandung
Ketua DKM Masjid Ikomah,Bachrun Rifaai memegang penghargaan sebagai juara harapan dua lomba website masjid se-Jawabarat (Sumber : MEDIAJABAR.COM)

JURNALPOSMEDIA- Masjid Ikomah UIN Bandung membentuk website sebagai media dakwah yang mampu beradaptasi dengan kemajuan digital. Ketua DKM Masjid Ikomah, Bachrun Rifa’i menjelaskan bahwa website Masjid Ikomah telah berdiri sejak 1 Oktober 2020.

“Tujuannya sesuai dengan era digital, maka masjid harus beradaptasi dengan perkembangan zaman melalui website,” jelas Bachrun saat diwawancarai jurnalposmedia melalui Whatsapp Jumat (4/3/2022).

Masjid Ikomah membuktikan keunggulannya dengan diraihnya juara harapan dua lomba website yang diselenggarakan oleh Pusat Dakwah Islamiyah (Pusdai). “Keunggulannya sudah dicoba daftar lomba website se-Jabar dan masuk juara harapan dua,” tambahnya.

Ketua tim media website Masjid Iqomah, Uwes Fatoni menjelaskan bahwa ada tiga kegiatan utama yang menjadi pengisi website ini, yaitu kultum, majelis ta’lim, dan pengajian Kakiku (kajian kitab kuning).

“Salah satu isinya adalah konten kultum alasannya karena yang datang dibatasi akibat pandemi, maka kami buat dalam bentuk berita di website,” ujarnya saat diwawancarai Jurnalposmedia secara langsung Jumat (11/3/2022).

Selain dijadikan berita di website, materi kultum pun akan dibuatkan menjadi sebuah buku untuk diarsipkan dan dijadikan dokumentasi Masjid Ikomah.

“Kita berniat menjadikan buku untuk dokumentasi masjid ikomah. Dua judul sudah kami siapkan, Wahyu Memandu Ilmu dan Pesan-Pesan Ilmu, karena sampai sekarang kita belum memiliki karya ilmiah. Padahal, dakwah sudah sering dilakukan disini,” tambahnya.

Di samping sosialisasi langsung kepada jamaah dan mahasiswa, Website Masjid Ikomah juga menyelenggarakan sosialisasi pada media sosial, yakni YouTube dan Tiktok serta telah bekerja sama dengan Umma dalam bentuk podcast.

“Kami memakai logo yang sama untuk Youtube, Tiktok, dan Umma dan kemarin alhamdulillah ada laporan sudah ada 10 ribu penonton,” jelasnya kemudian.

Struktur Kepengurusan Website Masjid Ikomah

Struktur kepengurusan di website Ikomah langsung dibawahi oleh DKM Masjid Ikomah dan menambah tim media sebagai tim yang fokus di bagian penyebaran dakwah digital. Tim media berjumlah 13 orang yang merupakan mahasiswa jurusan KPI dan diketuai oleh Sekjur KPI, Uwes Fatoni.

“Saya ditunjuk untuk jadi ketua tim media, kemudian saya rekrut 13 mahasiswa jurusan KPI karena memang media dakwah adalah kompetesinya,” tuturnya.

Mahasiswa Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Sinta Laela Sari menyambut baik akan hadirnya website Masjid Ikomah.

“Masjid adalah tempat untuk berdakwah dan sekarang segala serba digital, jadi dengan adanya website insyaallah itu bisa menjadi sebab kemajuan dakwah Masjid Ikomah itu sendiri,” pungkasnya Minggu (6/3/2022).

*Kru liput: Kurniawan

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments