Tue, 16 April 2024

Upaya Membiasakan Literasi, Bidang Insos Gelar Program Perdana “Jurnalistik Book Party”

Reporter: Silmy Kaffah Mardhotillah | Redaktur: Zahra Dwi Aqilah | Dibaca 161 kali

Thu, 7 March 2024
Acara Jurnalistik Book Party yang diselenggarakan oleh HIMA Jurnalistik bidang Insos. (Sumber foto: Silmy Kaffah/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA.COM Bidang Intelektual dan Sosial (Insos) Himpunan Mahasiswa (Hima) Jurnalistik UIN Bandung mengolah keresahan darurat literasi menjadi acara menarik. Termasuk ke dalam Jurnalistik Peduli (Jupe), Jurnalistik Book Party pertama diadakan di Masjid Iqomah pada Selasa (5/3/2024).

Program Book Party yang terinsipirasi dari Jakarta Book Party ini berisi kegiatan berupa diskusi tentang buku bacaan favorit guna meningkatkan literasi yang didasari oleh keprihatinan terhadap turunnya tingkat literasi yang saat ini dialami.

Salah satu panitia bidang acara, Alya Izzati mengatakan, Book Party merupakan program perdana dari serangkaian kegiatan Jupe, mereka berencana untuk melaksanakan kegiatan ini secara rutin kedepannya, dengan target capaian empat pertemuan dalam setiap pelaksanaan.

“Karena kita baru melaksanakan ini pertama kali, selanjutnya kita bakalan ngadain lagi sebanyak empat kali, jadi akan ada pertemuan kedua, ketiga, dan keempat,” jelasnya.

Perwakilan partisipan, Mela Alfauzi mengungkapkan acara ini sangat menarik, khususnya terkait kegiatan book sharing session. Menurutnya, momen ini meningkatkan minat literasi pada dirinya.

Momen menarik itu saat kita sharing buku dan mendengarkan buku dari kakak-kakak dan teman-teman yang dibacakan, itu membuat saya tertarik dengan apa yang disampaikan sehingga saya insya Allah nantinya akan mencari buku-buku yang saya minati, yang diceritakan oleh kakak-kakak,” ungkapnya.

Mela menambahkan, acara ini sangat bermanfaat dan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan wawasan dan ilmu pengetahuan.

“Jurnalistik Book Party ini menjadi wadah untuk kita, untuk menambah relasi, menambah pengetahuan, terus juga pastinya menambah minat kita dalam membaca buku,” pungkasnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments