Tue, 21 May 2024

Tips Manajemen Waktu Untuk Mahasiswa

Reporter: Muhammad Faiz Sultan | Redaktur: Nazmi Syahida | Dibaca 259 kali

Sat, 20 July 2019
Ilustrasi: peweert.blogspot.com

JURNALPOSMEDIA.COM-Saat menjalani masa perkuliahan tentu akan sangat berbeda dengan bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) ataupun Sekolah Menengah Atas (SMA). Jika saat SMA, akan terfokus untuk belajar saja, di perkuliahan kamu akan lebih mandiri dan mencoba aktivitas dan hal-hal yang baru. Tidak sedikit pula mahasiswa yang mencoba bekerja part time untuk mendapat tambahan uang.

Namun ternyata banyak mahasiswa yang keteteran dalam mengatur waktu antara kuliah, organisasi dan pekerjaan. Oleh karena itu simak tips berikut agar kamu bisa mengatur waktu dengan baik

1. Buat List dan Prioritas Yang Akan Dikerjakan

Catat setiap tugas yang diterima saat itu juga dan apa yang akan atau harus kamu kerjakan dalam sebuah buku kecil. Kemudian, urutkan tugas tersebut sesuai tenggat waktu yang sudah ditentukan. Metode ini memang klasik tapi sangat ampuh untuk menghindari penyakit lupa yang bisa membuat kamu keteteran nantinya.

Pastikan kamu selalu mengecek catatan tersebut setiap hari, sehingga kamu bisa langsung tahu apa yang harus kamu kerjakan lebih dulu.

2. Siapkan Kebutuhan Untuk Besok

Jangan lupa untuk memastikan bahwa kamu sudah menyiapkan tugas yang harus dikumpulkan besok di malam hari, agar paginya kamu tidak melewatkan waktu sarapan akibat terburu-buru menyiapkan hal lain. Terutama untuk acara-acara yang mengharuskan kamu berpergian jauh. Misal, liburan, travelling, berkemah yang membuat kamu membutuhkan lebih banyak barang untuk dibawa.

Persiapan sehari sebelumnya sangat penting agar tidak ada barang yang ketinggalan. Selain itu, hal tersebut bisa membantu kamu mengingat barang bawaan yang biasanya tidak sempat kamu pikirkan sebelumnya.

3. Buat Kegiatan Rutin Pagi dan Malam Hari

Meskipun banyak kegiatan dan pekerjaan yang menumpuk, jangan lupa untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Luangkan waktu untuk merawat diri dengan memasukan kegiatan rutin yang menyehatkan di sela-sela jadwal harian. Misalnya, pagi hari diisi olahraga ringan dan malam hari waktunya merawat kulit.

Selain bisa melatih pembagian waktu rutinitas, kegiatan ini juga bisa jadi waktu rehat yang menambah energi. Tambahkan juga kegiatan lain yang kamu sukai setiap satu minggu sekali.

4. Membuat Rencana atau Bullet Jurnal

Dalam menjaga konsistensi kinerja dan apa yang telah kamu capai, buatlah jurnal harian berisi apa-apa saja yang sudah kamu laksanakan. Kamu juga bisa menuliskan rencana jangka pendek pada buku planner atau jurnalmu dengan lebih rinci. Lalu, kamu bisa tahu hal-hal apa saja yang mungkin luput kamu kerjakan. Jangan lupa berikan tanda pada setiap tahapan yang sudah kamu lakukan.

5. Buat Deadline Tugas dan Pekerjaan

Jika kamu masih memiliki banyak waktu luang, lebih baik buat deadline sendiri yang lebih awal untuk setiap tugas yang harus kamu lakukan. Jika terlalu bergantung pada deadline yang diberikan orang lain, kamu mungkin akan menunda-nunda pekerjaan karena merasa masih memiliki waktu yang banyak. Akhirnya, tidak terasa sudah mendekati tenggat waktu dan kamu jadi stress serta terburu-buru mengerjakan tugasmu.

6. Buat Pengingat Tugas

Terkadang kamu bisa lupa untuk mengecek list tugas di buku catatan. Jadi, kamu bisa membuat jadwal atau catatan di handphone dan aplikasi lainnya yang bisa memunculkan notifikasi alarm. Cara lain seperti memasang memo di meja belajar juga bisa kamu lakukan. Pastikan kamu memasang alarm deadline minimal sehari sebelumnya ya, agar kamu tetap punya waktu untuk mempersiapkan pekerjaanmu dengan baik.

7. Batasi Penggunaan Media Sosial

Agar tidak ada notif yang mengganggu saat sedang mengerjakan tugas, matikan notifikasi pada aplikasi media sosialmu. Kamu juga bisa buat jadwal tersendiri dalam mengakses sosial media. Misalnya untuk weekday, kamu logout sedangkan saat weekend kamu bisa log in dan mengecek media sosialmu.

Atau, kamu juga bisa bermain media sosial setelah semua pekerjaanmu selesai. Selain bisa membuatmu lebih fokus, cara ini juga akan meminimalisir tingkat kecanduan terhadap media sosial.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments