Fri, 21 June 2024

Sociology Leadership Bekali Ilmu Organisasi dan Jiwa Independen pada Mahasiswa

Reporter: Fitria Hanifah | Redaktur: Silmy Kaffah Mardhotillah | Dibaca 165 kali

Sun, 26 May 2024
(Sumber Foto: Fitria Hanifah/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA.COM Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sosiologi menggelar kegiatan Sociology Leadership yang bertemakan “Membentuk Citra Mahasiswa Independen untuk Keberlanjutan Organisasi yang Terukur. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari dengan tujuan pembekalan ilmu organisasi bagi mahasiswa Sosiologi.

Acara ini merupakan program kerja lanjutan HMJ Sosiologi yang berlangsung dari tanggal 18-19 Mei dan dilanjutkan pada 25-26 Mei 2024. Selama acara, terdapat mentoring dan pemberian materi seputar organisasi dan kepemimpinan kepada peserta.

Ketua Pelaksana Acara, Aldi Maulana Rifaldy menjelaskan tujuan kegiatan ini sebagai upaya membentuk para mahasiswa agar bisa melanjutkan kegiatan organisasi pada tahap selanjutnya, yaitu keanggotaan himpunan maupun kegiatan lainnya.

“Tujuan melanjutkan estafet-estafet perjuangan dari kakak tingkat yang ada di Jurusan Sosiologi,” jelasnya saat diwawancarai Jurnalposmedia di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), Sabtu (25/05/2024).

Aldi juga berharap ilmu dan pelatihan yang disampaikan dalam Sociology Leadership dapat diterapkan oleh para peserta.

“Saya harap bisa melanjutkan estafet-estafet perjuangan kakak-kakak itu sendiri khususnya di Jurusan Sosiologi dan juga kita bisa menerapkan nilai-nilai atau sikap-sikap kepemimpinan entah dari individu sendiri entah dari taraf universitas ataupun dari taraf jurusan,” ujarnya.

Selain itu, Ketua HMJ Sosiologi, Thoriq Akbar Afghani mengungkapkan acara ini memiliki urgensi yang tinggi karena mahasiswa perlu mendapat pelatihan sebelum terjun ke dalam organisasi.

Menurut saya penting untuk penerus-penerus nanti karena di setiap masa itu periode akan berganti, jadi mereka pun harus siap dan juga harus matang dalam kepersiapan nanti mereka menjadi pengurus ataupun menjadi anggota organisasi, jadi sangat penting,ungkapnya.

Di samping itu, salah satu peserta, Hoerunisa mengungkapkan kesannya setelah mengikuti Sociology Leadership. Ia merasa acara ini menambah pengetahuan juga wawasannya seputar keorganisasian.

“Perasaan saya mengikuti acara ini tentunya sangat senang karena menambah wawasan saya dan yang kedua sangat excited banget mengikuti kegiatan Sociology Leadership ini,” pungkasnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments