Fri, 21 June 2024

Social Expo 2024 Asah Wawasan Intelektual dan Kreativitas untuk Memasuki Era Digitalisasi

Reporter: Sylva Anggraeni | Redaktur: Silmy Kaffah Mardhotillah | Dibaca 126 kali

Sat, 8 June 2024
(Sumber Foto: Zilaikha Puspita Putri Soepardee/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA.COM – Departemen Pengembangan Intelektual Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sosiologi UIN Bandung kembali gelar Social Expo di Aula Abdjan Soelaiman pada 6-7 Juni 2024. Social Expo ini merupakan salah satu program kerja HMJ Sosiologi yang mulai rutin diadakan sejak tahun lalu.

Tema yang diusung tahun ini ialahEkplorasi wawasan intelektual dan kreativitas di era digitalisasi”. Tema tersebut dirasa sangat relevan dengan masa kini di mana wawasan intelektual dan kreativitas para siswa maupun mahasiswa perlu diasah untuk bersiap memasuki dan beradaptasi dengan era 5.0.

Ketua Pelaksana Social Expo 2024, Azizah Muthmainnah menuturkan tujuan utama yang ingin dicapai melalui acara ini. Menurutnya, Sosial Expo bertujuan untuk meningkatkan wawasan intelektual peserta.

Yang pasti tujuan utamanya itu ingin banyak melahirkan dan meningkatkan wawasan intelektual yang nantinya akan menjadi output dalam kegiatan Social Expo ini. Jadi kita ingin melahirkan generasi-generasi yang intelektual dengan kreativitas di era digitalisasi ini,” tuturnya saat diwawancarai Jurnalposmedia, Rabu (7/6/2024).

Adapun beberapa lomba yang diselenggarakan seperti Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Olimpiade Sosiologi Siswa (OASIS), Debat Sosial, Poster Ilmiah, sampai dengan seminar program kerja Departemen Pengembangan Intelektual.

Tercatat ada sekitar 60 peserta yang ikut memeriahkan perlombaan dengan rincian OASIS dengan 45 pendaftar, LKTI dengan 5 tim, Debat Sosial dengan 3 tim, dan Poster Ilmiah dengan 14 tim.

Untuk timelinenya di hari pertama ada pelaksanaan lomba LKTI dan juga OASIS, di akhir acara kami juga melaksanakan seminar,” tambah Azizah.

Salah satu juri perlombaan, Rini Sulastri memberikan tanggapannya, menurutnya acara ini dengan tema yang diusung bisa melatih kemampuan berbicara di depan umum

Saya sih sangat mengapresiasi kegiatan mahasiswa terutama dalam lomba debat. Dari situ kita bisa melatih cara atau kemampuan berbicara di depan umum kemudian membuat argumen. Jadi ini memang sangat luar biasa untuk menjadi langkah awal yang lebih baik. Apalagi jika berbicara tentang tema yang sudah sesuai dengan update sekarang ini,” ungkapnya.

Rini juga berharap setelah diadakannya Social Expo 2024, mahasiswa bisa lebih aktif lagi terutama dalam bidang-bidang akademik karena dapat menjadi dorongan para mahasiswa untuk masa depan mereka.

Terakhir, salah seorang peserta, Irgi Yudha Prawira mengatakan alasannya ikut berpartisipasi, karena sebagai wujud pengabdian kepada diri sendiri untuk pengembangan diri sebagai bentuk development. Irgi menambahkan, mahasiswa perlu memberikan perhatian lebih terhadap wawasan intelektual dan kreativitas.

“Acara ini sebenarnya butuh perhatian lebih dari mahasiswa terkait eksplorasi pengetahuan dan intelektual karena kita mahasiswa sebagai agen perubahan dan tentunya wawasan-wawasan intelektual ini sangat diperlukan. Kemudian, acara ini perlu ditingkatkan lebih luas lagi terutama para partisipannya dengan melakukan sosialisasi penyuluhan tentang perlombaan dan benefit yang didapatkan,” ucapnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments