Tue, 21 May 2024

Rohana Kudus, Jurnalis Perempuan Pertama Indonesia

Reporter: Wildan Noviansah/Magang | Redaktur: Lisna | Dibaca 179 kali

Thu, 10 May 2018
Doc : wikipedia

JURNALPOSMEDIA.COM— Berbicara perkembangan pers di Indonesia, pasti tidak luput dari tokoh pers yaitu Tirto Adhi Soerjo. Namun, siapa sangka Indonesia juga melahirkan satu tokoh penting dalam perkembangan pers sekaligus jurnalis perempuan pertama Indonesia, Rohana Kudus.

Rohana Kudus lahir di Kota Gadang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, 20 Desember 1884. Ia merupakan anak dari Mohamad Rasjad Maharadja dan Kiam. Rohana adalah kakak tiri Soetan Sjahrir yang merupakan Perdana Menteri pertama Indonesia dan juga sepupu Agus Salim, bibi dari penyair terkenal Chairil Anwar.

Kiprahnya di dunia pers bermula ketika Indonesia masih dijajah pemerintahan Belanda. Meskipun tidak mengenyam pendidikan formal, tetapi ia selalu belajar dengan ayahnya yang merupakan pekerja pemerintahan Belanda. Bacaan yang kerap dibaca Rohana yaitu majalah terbitan Belanda yang memuat berita politik, gaya hidup dan pendidikan.

Karirnya berlanjut dengan menulis yang juga merupakan hobinya, sehingga pada tahun 1912 Rohana Kudus menerbitkan surat kabar Sunting Melayu yang merupakan surat kabar perempuan pertama di Indonesia yang pemimpin redaksi, redaktur dan penulisnya adalah perempuan. Surat kabar ini tidak hanya membahas tentang ‘Eanita’ atau wanita tetapi juga membahas politik dan kriminal di Minang.

Perjuangan Rohana Kudus tidak sampai disitu, menjelang ajalnya menjemput, dia masih aktif di dunia kejurnalistikan. Ketika Rohana merantau ke Lubuk Pakam dan Medan dia mengajar dan memimpin surat kabar Perempuan Bergerak. Ketika dia kembali ke Padang, dia menjadi redaktur surat kabar Radio yang diterbitkan orang Tionghoa dan surat kabar Cahaya Sumatera.

Pergerakan Rohana bukan hanya di bidang pers saja, dia juga aktif di berbagai kegiatan yang berorientasi pada pendidikan, bisnis dan politik. Hingga akhirnya Rohana meninggal pada tanggal 17 Agustus 1972 pada umurnya 87 tahun.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments