Fri, 21 June 2024

Menikmati Karya Nyoman di Nu Art

Reporter: Desianti Yus Rusana | Redaktur: Riska Yunisyah Imilda | Dibaca 251 kali

Wed, 22 March 2017

JURNALPOSMEDIA.COM- Bandung sudah menjadi Weekend Destination bagi mereka para warga ibu kota. Alasannya karena Bandung dekat dan memiliki banyak destinasi wisata yang unik, banyak tempat wisata unik  baru muncul belakangam ini di Bandung dan menjadi tujuan para warga luar kota Bandung maupun warga Bandung sendiri, seperti The Lodge Maribaya, Farm House, Floating Market dan lainnya.

Di Bandung sendiri terdapat sebuah Galeri seni yang dibangun dan dikelola langsung oleh seniman yang membuat Kompleks Garuda Wisnu Kencana di Bali. Tidak terlalu banyak orang yang mengetahui museum ini. Museum seni tersebut bernama “Nu art Sculpture Park”  seniman yang membangun galeri ini adalah Nyoman Nuarta. Sebenarnya  galeri seni sudah ada sejak tahun 2000 namun, pada tahun 2016 mengalami beberapa pembaharuan dan diresmikan pada 17 maret 2016 oleh Anies Baswedan.

Galeri yang berlokasi di Jalan Setra Duta Kencana ini adalah sebuah galeri patung. Saat akan memasuki Kawasan Sentra Duta akan terlihat sebuah patung tangan besar yang tepat dibelakang telapak tangannya melekat pada wanita, patung ini seakan menjadi ucapan selamat datang untuk para pengunjung. Dan untuk memasuki galeri Nu Art ini harus membayar Rp.25.000 untuk pelajar dan Rp.50.000 untuk umum kebijakan tiket masuk ini sudah berlaku semenjak 1 Oktober 2016.

Ketika memasuki galeri Nu Art dipintu masuk akan ada dua orang guide yang akan menyambut para pengunjung dan menjelaskan beberapa tata tertib yang harus di ikuti selama berada didalam galeri, seperti mengambil gambar tanpa menggunakan flash dan menjaga patung untuk tidak disentuh.

Karya seni Nyoman Nuarta ini pasti bisa membuat para pengungjungnya berdecak kagum, Bukan hanya detail patung, bentuk, estetika, keindaham dan ukuran. Tetapi, filosofi dibalik patung itu mampu membuat siapa saja merasa kagum. Setiap patung yang terdapat di galeri Nu Art memiliki filosofinya masing masing, dan filosofi yang diambil dari setiap patung di galeri Nu art sendiri diambil dari kehidupan manusia

Galeri yang terdiri dari 4 lantai dan memiliki kurang lebih 300 patung yang dipamerkan. Jika beruntung pengunjung bisa menikmati pertunjukan jika sedang  berlangsungnya suatu acara dan pameran lainnya di galeri Nu Art. Lebih beruntung lagi pengunjung bisa bertemu langsung dengan Nyoman Nuarta jika sedang berada di galeri.

 

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments