Fri, 21 June 2024

Perayaan Inovasi dan Kebahagiaan di Gaudium Nova, Dies Natalis Sastra Inggris UIN Bandung ke-26

Reporter: Susi Fatonah dan Sulton Maulana | Redaktur: Zahra Dwi Aqila | Dibaca 106 kali

Thu, 6 June 2024
(Sumber Foto: Sulton Maulana/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA.COM Jurusan Sastra Inggris UIN Bandung merayakan Dies Natalis ke-26 dengan tema “Innovate to Elevate, A New Era Begins. Acara tahunan yang diberi nama “Gaudium Nova” ini berasal dari bahasa Latin dan Yunani, berarti “kebahagiaan yang baru” berkomitmen untuk menghadirkan inovasi dan kebahagiaan dalam setiap perayaannya.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Muhammad Daffa Chaniago mengungkapkan bahwa acara ini bertujuan untuk menyajikan sesuatu yang baru sambil tetap menghargai masa lalu.

“Di acara kita ini kita mencoba menghadirkan sesuatu yang baru untuk mencapai sebuah kebahagiaan,” ujarnya saat diwawancarai Jurnalposmedia pada Selasa (04/06/2024).

Tema yang diusung tahun ini menekankan pentingnya belajar dari masa lalu untuk memperbaiki masa kini dan masa depan. Dies Natalis kali ini melibatkan berbagai audiens, termasuk mahasiswa aktif, dosen, staf fakultas, serta para alumni selama 25 tahun terakhir.

“Acara ini bukan sekadar peringatan ulang tahun biasa. Ini adalah momen spesial untuk menjunjung tinggi warisan budaya kreatif dan memupuk minat serta bakat para mahasiswa. Kami berharap acara ini bisa menghasilkan masyarakat yang berprestasi di kemudian hari, ” tambah Daffa.

Dekan Fakultas Adab dan Humaniora, Deddy Supriyadi menyoroti prestasi yang telah dicapai oleh jurusan Sastra Inggris selama 26 tahun terakhir.

“Sastra Inggris telah melahirkan beberapa alumni yang cukup bagus, ada yang menjadi dosen, pengusaha, dan banyak lagi di dunia pendidikan. Harapan kami ke depannya terus melakukan inovasi dan berkreasi sehingga bisa menghasilkan lulusan yang lebih unggul,” ungkapnya.

Berbagai kegiatan menarik telah dipersiapkan, termasuk menghias Gedung V, Hari Berkain pada 22 Mei, lomba puisi, pagelaran seni, bazar usaha, dan handprint sebagai simbol kebersamaan. Puncak acara akan diisi dengan seremoni serta berbagai penampilan kreatif dari mahasiswa, alumni, dan dosen.

Sarah Magdi, mahasiswa Sastra Inggris angkatan 2022, berbagi antusiasmenya untuk hadir di acara ini. “Acara ini diselenggarakan tiap tahun, jadi kalau ada kesempatan untuk hadir, mengapa tidak? Di sini kita bisa menonton penampilan dari dosen, alumni, dan Komunitas Sastra Inggris,” katanya.

Sarah juga mengungkapkan persiapannya yang seru, terutama dalam hal dekorasi dan pemilihan outfit dengan tema dark academia. “Aku mencari banyak referensi untuk melihat outfit yang cocok untuk acara tahun ini,” tukasnya.

Gaudium Nova menjadi bukti bahwa Jurusan Sastra Inggris UIN Bandung tidak hanya merayakan usia ke-26 tahun, tetapi juga merayakan inovasi, kreativitas, dan kebersamaan dalam komunitas akademik.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments