Sat, 24 February 2024

PDKT 2023 Ajak Mahasiswa Baru Jurnalistik Menjadi Pemimpin Berdikari

Reporter: Alvian Nauvally Rizky dan Farsya Sabila | Redaktur: Annisa Azahra N | Dibaca 236 kali

Mon, 20 March 2023
Pelatihan Dasar Kepemimpinan Terstruktur (PDKT), Minggu (19/03/2023). (Sumber Foto: Tegar Setiadi/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA.COM – Himpunan Mahasiswa (Hima) Jurnalistik UIN Bandung menggelar Pelatihan Dasar Kepemimpinan Terstruktur (PDKT). Acara ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 18-19 Maret 2023 di Villa Pleasant Hill Lembang, Jawa Barat.

Ketua Pelaksana PDKT 2023, Muhammad Zaki Fauzi mengungkapkan tujuan dari acara tahunan ini sebagai ajang bagi mahasiswa Jurnalistik untuk membentuk jiwa kepemimpinan.

“Tujuan dari PDKT adalah untuk membentuk mahasiswa Jurnalistik agar menjadi seorang pemimpin yang siap menjadi penerus roda organisasi sekaligus sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahmi keluarga Jurnalistik,” ungkapnya saat ditemui Jurnalposmedia, Minggu (19/03/2023).

Bertemakan “Manifestasi Pemimpin yang Berdikari dengan Empati dan Konsistensi”, Ketua Bidang Acara PDKT 2023, Sulthan Callistho Oktobera menjelaskan maksud dari tema tersebut.

“Tema ini memiliki maksud untuk mewujudkan pemimpin yang mampu berdedikasi sendiri, yaitu keyakinan dan mampu menularkan rasa empati yang konsisten,” jelasnya.

Demi mewujudkan tujuan tersebut, beberapa pemateri dihadirkan untuk menyuguhkan materi kepemimpinan serta berorganisasi. Materi pertama tentang linear dan lateral thinking diberikan dengan maksud memacu kecerdasan mahasiswa dalam berpikir. Selanjutnya, terdapat pula materi mengenai inovasi dan strategi organisasi. Terakhir, para mahasiswa baru Jurnalistik juga diajarkan pemahaman tentang cara mengatasi masalah atau problem solving.

Presiden Mahasiswa Jurnalistik periode 2022-2023, Fajar Budi Pratio menyampaikan harapannya untuk peserta PDKT 2023.

“Semoga PDKT ini bisa menjadi pengantar jalan terciptanya mahasiswa Jurnalistik yang selaras dengan tema, yaitu mempunyai rasa empati dan jiwa konsistensi yang bisa mempertanggungjawabkan segala hal yang diucapkan sekaligus mampu berdikari dan tidak bergantung kepada orang lain,” pungkasnya.

 

 

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments