Tue, 16 April 2024

Mengenal Komunitas Paling Lucu, Stand Up Comedy UIN Bandung

Reporter: Dimas Haikal Hafidhien/Kontributor | Redaktur: M. Rizky Pratama | Dibaca 506 kali

Tue, 14 June 2022
Stand Up Comedy UIN Bandung
Para komika Stand Up Comedy UIN Bandung (Instragram: Standupuin_sgd)

JURNALPOSMEDIA.COM – Stand up comedy saat ini menjadi salah satu seni pertunjukkan komedi yang disukai banyak orang. Biasanya, seorang penampil atau komika, menciptakan komedi yang bersumber dari pengalaman, pengamatan, dan keresahannya yang dikemas menjadi cerita yang lucu.

Nah, mungkin banyak yang belum tahu kalau ternyata UIN Bandung punya komunitas stand up comedy juga, lho! Komunitas ini dikenal dengan nama Stand Up Comedy UIN Bandung yang berdiri sejak 2015.

Ketua Stand Up Comedy UIN Bandung, Cekas Gunagara Sejati menceritakan, komunitas ini dibentuk pertama kali oleh Bayu Agung dan Bolang Linglung yang pada tahun itu masing-masing dari mereka sudah menjadi anggota di komunitas stand up comedy di daerahnya.

“Awal terbentuknya itu a (kak) Bayu Agung yang merupakan anggota Stand Up Indo Bandung dan Bolang Linglung anggota Stand Up Indo Jatinangor ini dalam sebuah kesempatan. Mereka saling bertemu dan ternyata sama-sama anak UIN. Akhirnya, tercetuslah untuk membuat komunitas stand up di UIN Bandung juga,” ujarnya, Kamis (9/6/2022).

Menjaga Eksistensi Lewat Acara Stand Up

Komunitas ini terus menjaga eksistensinya dengan menyelenggarakan berbagai acara stand up dan menjadi wadah mahasiswa UIN Bandung yang memiliki ketertarikan dalam stand up comedy.

Cekas mengatakan, setiap acara yang diselenggarakan komunitas Stand Up Comedy UIN Bandung selalu sukses menarik banyak penonton.

“Kita pernah menyelenggarakan show lokal pada 2017, ketika pada saat itu stand up comedy belum cukup dikenal oleh khalayak ramai. Dengan nama event Muhasabah Tawa 1 dan Muhasabah Tawa 2 dan itu dua-duanya sukses kita gelar di aula SC (Student Center) dengan penonton yang membludak sekali sekitar 100-150 orang,” tuturnya.

Stand Up Comedy UIN Bandung juga pernah mengadakan acara Milad BKI yang menghadirkan komika terkenal di Indonesia, seperti Bintang Emon dan Arafah Rianti.

Selain itu, kata Cekas, terdapat acara bertajuk “FIDKOM Ckakak” yang digelar di aula Anwar pada 2018 lalu. Sekitar 6000 penonton hadir dalam acara tersebut dengan komika Ridwan Remin dan Wira Nagara sebagai bintang tamu.

Komunitas ini tidak hanya terbuka bagi mahasiswa UIN Bandung yang ingin  menyalurkan bakat stand up, tapi juga untuk mahasiswa yang ingin berpartisipasi dalam mengelar acara.

Cekas menambahkan, komunitas Stand Up Comedy UIN Bandung memiliki cita-cita untuk terus melahirkan regenerasi komika baru. Ia juga berharap, stand up comedy dapat menjadi opsi hiburan utama di setiap milad jurusan.

“Saya sebagai generasi kedua, ingin sekali punya regenerasi untuk meneruskan komunitas ini dan harapan kami, semoga stand up comedy dijadikan opsi hiburan utama dalam milad jurusan,” pungkasnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments