Mon, 22 July 2024

Kerap Menimbulkan Konflik, Berikut Tanda Kamu Berada dalam Toxic Organization

Reporter: Sherly Putri Febrianti/Kontributor | Redaktur: Siti Barkah | Dibaca 356 kali

Mon, 25 July 2022
Ilustrator : Siti Barkah/Jurnalposmedia

JURNALPOSMEDIA.COM – Mengikuti organisasi merupakan ajang untuk mengembangkan potensi sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Hakikatnya, suatu organisasi tentu memiliki visi dan misi untuk memahami dengan jelas apa yang menjadi tujuan dari pekerjaannya.

Memang banyak sekali organisasi yang berhasil dan selaras dengan visi dan misinya, tetapi tidak sedikit juga yang gagal akan hal itu.

Pada artikel kali ini, Jurnalposmedia akan mengupas tentang toxic organization atau organisasi yang tidak sehat.

Siapa disini yang sering diselimuti oleh rasa “enggak enakan sehingga itu menjadi tembakan balik untuk kamu?

Nah, kebanyakan yang berada di organisasi tidak sehat itu berawal dari rasa “enggak enakan”. Misalnya, enggak enak jika tidak memberikan kontribusi, enggak bisa menolak jika dimintai bantuan, tapi rela mengabaikan hal-hal penting yang sifatnya individu untuk dikesampingkan.

Sesuai survei yang telah dilakukan, ada beberapa hal yang membuat kamu berada di dalam toxic organization.

1. Pemimpin yang Otoriter

Berjalan baik atau tidaknya organisasi berada di tangan nahkodanya. Misal, pemimpin kamu susah diberikan masukan dan condong bersifat otoriter. Lambat laun hal tersebut akan membuat kamu merasa tidak berguna dan mengecilkan diri karena tidak diberikan ruang untuk berbicara, alias manut-manut saja.

2. Lingkup Pertemanan yang Tidak Suportif

Meski dihalang-halangi, alasan ini menjadi faktor yang sangat benar sekali adanya.  Kamu akan merasa capek karena tidak memiliki teman yang suportif.  

Tidak ada apresiasi yang diberikan di dalam lingkup internal organisasi kamu. Padahal pada hakikatnya manusia adalah sosok yang haus akan validasi.

3. Bertahan Karena Sudah Terlanjur Memulai

Toxic lainnya berawal dari sini, bertahan karena sudah terlanjur memulai dan harus merampungkannya karena telah dibubuhi rasa tanggung jawab yang tinggi.

Poin ini biasanya sangat berkorelasi bagi para pemegang jabatan di suatu organisasi, maju salah karena dapat merusak mental, mundur pun rasanya kurang etis. Jadi, masih mau tetap dilanjutkan atau berhenti saja nih? keputusan tentu ada di tanganmu!

4. Memulai Karena Dasar Kepercayaan

Siapa yang masuk organisasi karena ikut-ikutan sama teman? Nah itulah salahnya, jika kamu masih labil, alangkah baiknya untuk dipikirkan sejauh dan sematang mungkin agar tidak berada di fase ini pada akhirnya.   

5. Merasa Tidak Dihargai

Jika kamu sudah melakukan yang terbaik tetapi tidak ada timbal baliknya atau bahkan kamu tidak dihargai dan dianggap sebelah mata. Kamu dapat memikirkan langkah terbaik dalam hidupmu, jangan sampai kamu salah melangkah.

Organisasi itu memang kaya akan manfaat dan akan sangat disayangkan jika kamu tidak pernah mengikuti suatu organisasi, tetapi jangan lupa untuk memilah dan memilih organisasi yang memang dapat memberikan dampak positif untuk mendorong cita-cita yang kamu harapkan.

Itulah lima alasan kenapa ketika kamu berada dalam lingkungan organisasi yang tidak sehat yang dapat Jurnalposmedia rangkum untuk kamu, semoga dapat bermanfaat dan jangan sampai kamu salah dalam memilih kegiatan apapun itu di luar sana. 

 

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments