Sat, 24 February 2024

Kendi: Jadikan Keresahan Usaha Untuk Berpikir Lebih Dalam

Reporter: Lulu Alfiyani/ Kontributor | Redaktur: Muhammad Fauzan P | Dibaca 101 kali

Fri, 22 March 2019
Diskusi Kewirausahaan bersama pemilik Kafe Spesies Coffee, Hendi, di Sekretariat Jurnalistik Gedung SC Lantai 2, Jum' at (22/03/2019) sore. (Dok. Yulianto Catur Nugroho)

Untuk menumbuhkan jiwa usaha di kalangan mahasiswa, Bidang Kewirausahaan Hima Jurnalistik menggelar diskusi kewirausahaan. Dalam diskusi kali ini, Bidang Kewirausahaan mengundang pemilik Kafe Species Coffee, Kendi, sebagai pemateri. Diskusi ini digelar di Sekretariat Jurnalistik, Gedung Student Center UIN Bandung lantai 2, Jum’ at (22/03/2019) sore.

Kegiatan diskusi ini bertemakan “Merencanakan dan Mempersiapkan Segmentasi Pasar Untuk Bisnis”. Dalam pemaparannya, Hendi menjelaskan bahwa ada beberapa hal penting dalam memulai usaha. Di antaranya dibutuhkan tekad dan niat yang kuat dari diri sendiri. Karena hal tersebut berpengaruh terhadap keberhasilan usaha.

“Memulai usaha tidaklah mudah. Namun dengan tekad, niat dan perjuangan yang sungguh- sungguh pasti akan berhasil. Do’ a dari orang terdekat (juga) merupakan senjata jitu menjadikan usaha lancar,” kata Kendi

Ia juga mengatakan, relasi dan pelanggan yang baik menjadi salah satu bahan promosi usaha maupun bisnis.

“Begitu juga dengan relasi dan pelanggan yang baik, menjadi bahan untuk mempromosikan usaha lebih dalam lagi. Jangan pernah cukup di satu bisnis yang tidak memiliki perkembangan. Konsep dan strategi bisnis juga menjadi keharusan dalam pertimbangan memulai usaha,” ujarnya

Hendi menambahkan dalam sebuah usaha, keresahan harus menjadi motivasi atau pemantik untuk berpikir lebih dalam. Dalam berusaha juga harus berani bergabung dengan usahawan lain.

“Jadikan sebuah keresahan dalam berusaha untuk berpikir dalam lagi untuk mencapai usahanya. Semangat harus dibangkitkan, sebagai seorang usaha janganlah stuck di bagian kecil. Tapi mulailah mencoba bergabung dengan usahawan yang lain,” pungkas Kendi.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments