Danur Meatly, Usaha Kreatif Mahasiswa Polbangtan Bogor

JURNALPOSMEDIA.COM – Danur Meatly, usaha mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor yang berada di bawah naungan Youth Entrepreneurship and Employment Support (YESS), salah satu program Kementrian Pertanian Bogor, Jawa Barat.

YESS memberikan dana pada para mahasiswa dengan membentuk berbagai kelompok. Seperti kelompok peternakan ayam, domba, burung puyuh, burung hias, dan olahan daging. Kemudian kelompok tersebut menghasilkan bakso, dimsum, keripik usus, dendeng, dan juga empal.

Usaha ini mulai dikembangkan pada Januari 2021. Hingga kini, sudah tersebar dibeberapa toko frozen food terdekat. Selain itu, para kelompok juga menitipkan Danur Meatly ke koperasi kampus terdekat.

Salah satu pemilik, Rena Mauliani mengatakan, Danur Meatly ini sudah bisa dipesan secara online.

“Pembeli bisa memesan melalui Shopee, Tokopedia, Grabfood, dan juga Instagram @danur.m_official. Pemesanannya dilakukan secara pre-order (PO),” tuturnya, Kamis (24/6/2021).

Reni juga mengungkapkan bahwa dari awal produksi produk ini sudah laris manis.

“Alhamdulillah, Danur Meatly dari awal produksi di Januari sudah laris manis. Kami juga tiap kali produksi langsung habis. Bahkan, pernah diundang disalah satu radio pertanian,” ungkapnya.

Nah, dikarenakan Danur Meatly ini banyak menarik perhatian. Pemilik berinisiatif menambahkan varian baru, yakni rice bowl.

Lebih lanjut, Reni menuturkan, harga yang ditawarkan sebanding dengan bahan baku yang digunakan dalam produksi Danur Meatly.

“Harga yang ditawarkan mulai dari Rp20.000 hingga Rp65.000. Daging yang digunakan merupakan daging pilihan, seperti bagian paha. Dikelola dengan baik, yakni memisahkan daging dengan urat-uratnya. Tak lupa, Danur Meatly juga dikemas serapih mungkin,” tutup Rena.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.