6 Website di UIN Bandung yang Menunjang Aktivitas Mahasiswa

JURNALPOSMEDIA.COM- Di era digital saat ini, hampir semua orang terhubung dengan internet melalui perangkat gawai untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, bisnis, politik, dan lainnya. Popularitas Internet mendorong berbagai hal untuk eksis secara online salah satunya website.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, memberi dampak dan pengaruh kemajuan industri pada masyarakat termasuk civitas akademika UIN Bandung. Kini, UIN Bandung telah menghadirkan beberapa website yang dapat diakses secara efisien oleh jajaran perangkat kampus dan mahasiswa.

Terdapat enam website besar yang menunjang aktivitas akademik mahasiswa, di antaranya Sistem Layanan Akademik Mahasiswa (SALAM), Digital Library (Digilib), E-Learning for Knowledge Sharing (E-Knows), Language Center (LC), Information and Communication Technology (ICT), dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) UIN Bandung.

Dilansir dari www.uinsgd.ac.id, berikut manfaat dan kegunaan website-website tersebut:

 1. Akun Salam

Melalui sistem berbasis teknologi ini, pengolahan data dan pelayanan akademik di perguruan tinggi dapat dilakukan secara online dan optimal guna mewujudkan pelayanan prima yang terintegrasi terhadap mahasiswa, alumni, stakeholder, dosen dan karyawan UIN Bandung. Berikut link website untuk mengaksesnya https://salam.uinsgd.ac.id/.

2. Digilib

Merupakan perpustakaan berbasis digital, dosen atau mahasiswa tidak perlu lagi datang secara fisikal ke perpustakaan jika membutuhkan literatur. Pengguna tinggal buka laptop atau gawai yang terhubung internet. Di perpustakaan online, pengguna bisa mengunduh literatur apa saja yang dibutuhkan. Berikut link website untuk mengaksesnya https://digilib.uinsgd.ac.id/.

3. E-Knows

E-Knows adalah sistem pembelajaran online yang interaktif di UIN Bandung. Dosen dapat menyediakan bahan ajar, tugas, quiz, dan forum diskusi pada mata kuliah yang terdaftar, sekaligus memberikan penilaian secara online sehingga mahasiswa dapat melihatnya. Berikut link website untuk mengaksesnya https://eknows.uinsgd.ac.id/.

4. Language Center (LC)

Merupakan lembaga pusat pengembangan bahasa yang bertujuan untuk mengasah soft skill para mahasiswa agar pandai dalam berbahasa. Ada tiga bahasa yang tersedia dalam program LC, diantaranya Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia. Berikut link website untuk mengaksesnya https://lc.uinsgd.ac.id/.

5. Information and Communication Technology (ICT)

Training ICT merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh UPT. PTIPD UIN Bandung setiap tahunnya. Beberapa materi yang diajarkan, antara lain; Internet & Blog, Microsoft Office Word/Excel, Etika Penulisan Karya Ilmiah, Adobe Photoshop, Ilustrator, dan sebagainya. ICT memberikan beberapa layanan seperti Training ICT, Sertifikasi dan juga Workshop. Materi yang diajarkan selalu mengikuti perkembangan zaman dan menyesuaikan dengan yang sedang tren pada saat ini. Berikut link website untuk mengaksesnya https://ict.uinsgd.ac.id/.

6. Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI)

Website ini bisa dikatakan sebagai rekam jejak mahasiswa selama menjalani perkuliahan di UIN Bandung. Merekam capaian apa saja yang pernah diraih oleh setiap mahasiswa selama menjalani perkuliahan, baik itu capaian akademik maupun non akademik. Misalnya, prestasi yang pernah diraih, sertifikasi kompetensi yang dimiliki, kegiatan seminar workshop yang tekah diikuti, serta kegiatan lain yang berkaitan dengan akademik maupun pengembangan karakter. Berikut link website untuk mengaksesnya https://skpi.uinsgd.ac.id/.

Itulah beberapa website UIN Bandung serta kegunaannya yang dapat kamu manfaatkan.

 

Reporter: Dede Nulhakim I Redaktur: Siti Barkah

 

Rekomendasi
Leave A Reply

Your email address will not be published.