Sat, 18 May 2024

4 Dampak Buruk Metode Belajar Kebut Semalam

Reporter: Zidan Raihan Firdaus/Kontributor | Redaktur: Siti Barkah | Dibaca 289 kali

Wed, 29 June 2022
Sumber : Freepik

JURNALPOSMEDIA.COM – Sebagai pelajar atau mahasiswa, tentunya kita pernah atau bahkan sering menerapkan cara belajar Sistem Kebut Semalam (SKS), terutama bagi pelajar atau mahasiswa yang sibuk dengan kegiatan ekstrakurikuler atau organisasi yang membuat waktu untuk mengerjakan tugas minim.

Sistem kebut semalam sendiri biasanya dilakukan pada saat beberapa jam pengumpulan tugas atau ujian saja. Bisa dibayangkan bagaimana cepatnya. Kalian pasti pernah melakukan hal tersebut, ‘kan? Tetapi kalian tau gak sih dampak buruk dari metode belajar sistem kebut semalam itu apa? Yuk simak informasinya yang telah Jurnalposmedia.com rangkum di bawah ini!

  1. Mudah Lupa dengan Materi yang Sudah dipelajari 

Karena mempelajari semua materi yang akan diuji hanya dilakukan semalam saja, sudah pasti sistem kerja otak akan sulit menerimanya karena semua materi dipaksakan masuk. Meskipun pada saat ujian kita bisa mengingatnya, tetapi setelah itu biasanya akan lupa dengan materi-materi yang sudah dipelajarinya tersebut.

  1. Konsentrasi Menurun

Dengan sistem kebut semalam, sudah pasti konsentrasi kita dalam mengerjakan suatu ujian atau tugas akan menurun. Bagaimana tidak, kita diharuskan begadang demi mempelajari suatu  dengan mengorbankan waktu tidur. Imbasnya,  stamina kerja akan otak pada akhirnya konsentrasi kita pada saat mengerjakan soal-soal ujian terganggu.

  1. Mengganggu Kesehatan

Karena sistem kebut semalam mengambil waktu istirahat tubuh kita, maka kita akan cepat mengantuk dan kelelahan. Dari kelelahan tersebut, maka sistem imun tubuh menurun dan dapat menimbulkan penyakit seperti dehidrasi, influenza dan bisa saja terkena serangan jantung.

  1. Turunnya Performa Akademis

Poin-poin di atas akan mempengaruhi performa akademik kita. Sistem kebut semalam akan membuat kita kurang memahami materi-materi yang kita paksakan masuk ke dalam otak dalam semalam. Akibatnya jawaban ujian menjadi kurang tepat dan hasilnya juga akan kurang memuaskan.

Nah, itulah beberapa dampak buruk dari sistem kebut semalam yang harus kita hindari. Untuk menghindari sistem belajar tersebut, kita harus membuat rutinitas membaca ulang materi yang sudah dipelajari atau membuat catatan di sela-sela kesibukan. Cara itu akan memudahkan kita memahami materi pelajaran tanpa perlu menyiksa otak dan fisik kita demi menghafal seluruh materi sekaligus dalam satu malam.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments