Musyawarah Himpunan Jurnalistik Hasilkan Presiden Mahasiswa Baru

JURNALPOSMEDIA.COM – Himpunan Mahasiswa (Hima) Jurnalistik UIN Bandung mengadakan Musyawarah Himpunan (Muhim) selama tiga hari pada 27-29 Maret 2021. Diadakan secara semi daring di Gor Manglayang Tamansari dan Zoom Meeting. Musyawarah ini hasilkan presiden mahasiswa periode 2020-2021 yaitu Muhammad Salman.

Ketua Pelaksana, Luqy Lukman angkat bicara mengenai alasan diangkatnya tema  “Transparansi Komunikasi dalam Produktivitas Hima Jurnalistik” dalam Muhim kali ini.

“Pengangkatan tema Transparansi Komunikasi dalam Produktivitas Hima Jurnalistik ini menyesuaikan dengan keadaan (pandemi Covid-19). Mengingat dampak yang ditimbulkan sangat besar, salah satunya terhambatnya proses komunikasi. Oleh karena itu, tema ini dirasa sangat mewakilkan pada kepengurusan periode 2019-2020,” ujarnya saat diwawancarai Jurnalposmedia pada Minggu (28/3/2021).

Proses panjang dilalui dengan agenda sidang komisi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO), Garis Besar Program Kerja (GBPK), dan Tata Tertib Pemilihan Presiden Mahasiswa Hima Jurnalistik, ditutup dengan pemilihan Presiden Mahasiswa periode 2020-2021.

Dengan menimbang beberapa hal dalam Tata Tertib Pemilihan Presiden Mahasiswa Hima Jurnalistik. Berdasarkan mufakat, ditetapkan calon tunggal Presiden Mahasiswa periode 2020-2021 yakni Muhammad Salman.

“Pertimbangan calon tunggal ini sudah dipikirkan secara matang dengan mengadakan terlebih dahulu musyawarah angkatan 2018. Hasilnya hanya ada satu nama yang dipercayai dapat memenuhi persyaratan sebagai bakal calon Presiden Mahasiswa,” ujar Ketua Angkatan 2018, Abdul Fattah dalam pemaparan argumentasinya pada Senin (29/3/2021).

Berkaca dari periode sebelumnya, keadaan menjadi hal utama yang patut dipertimbangkan. Oleh karenanya, Muhammad Salman mempunyai visi yang relevan dengan keadaan.

“Membangun Hima Jurnalistik yang relevan dengan keadaan melalui pemberdayaan potensi sumber daya kritis, dan penguatan internal berlandaskan asas kekeluargaan, serta sikap profesionalisme,” ungkap Salman dalam penyampaian visinya di hari yang sama dengan Fattah.

Tepat pada pukul 18.09 WIB, Muhammad Salman diangkat dan dipilih menjadi Presiden Mahasiswa 2020-2021 secara aklamasi dengan diketuknya palu oleh presidium.

Ucapan selamat dan harapan dilontarkan oleh sebagian besar musyawirin yang hadir baik secara langsung maupun via daring. Tak henti sampai di sini, jajaran birokrat Fakultas Dakwah dan Komunikasi pun turut memberikan selamat kepada Salman melalui video yang ditayangkan secara daring.

“Ini bukan tanggung jawab yang sederhana, saya butuh kalian di belakang dan di samping saya nanti. Kita harus berjalan beriringan mengingat dengan keadaan sekarang. Tetapi tetap hargai proses dan tetap berniat baik,  bagaimanapun keadaannya Jurnalistik harus tetap hidup,” pungkas Salman.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.