Jaringan 5G, Internet Super Cepat Masa Depan

JURNALPOSMEDIA.COM– Di era informasi seperti sekarang ini, manusia semakin dimudahkan dengan teknologi yang serba digital. Oleh karena itu, koneksi internet menjadi sangat penting dan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi. Seperti yang kita tahu, jaringan nirkabel tercepat di Indonesia saat ini adalah 4G yang merupakan jaringan generasi keempat. Namun keinginan manusia untuk bisa menikmati internet super cepat melahirkan jaringan nirkabel terbaru yakni 5G.

Sinyal 5G ini sudah mulai diuji coba oleh beberapa negara dan pengembang jaringan. Nantinya sinyal 5G akan memiliki akses internet super cepat  hingga 20 gigabyte perdetik. Hanya membutuhkan waktu puluhan detik saja untuk bisa mengunduh satu film berkualitas HD (High Definition). Namun untuk pengguna internet di Indonesia nampaknya harus lebih bersabar. Pasalnya sinyal 5G ini masih belum bisa digunakan. Namun uji coba dan pengembangan tentu sudah dilakukan.

Disitat dari laman Kompas.com, Kamis (28/11/2019), Kemenkominfo menginformasikan bahwa sudah memiliki pilihan frekuensi yang nantinya akan digunakan sinyal 5G. Frekuensi 5G nantinya harus memiliki tiga layer, yakni lower band, middle band dan upper band. Kemenkominfo juga mengungkapkan bahwa frekuensi yang ada sudah kosong dan siap digunakan.

Tentu ini adalah kabar baik. Jika sinyal 5G nantinya bisa dinikmati di Indonesia, pengguna akan merasakan berselancar di internet dengan kencang. Namun manfaatnya bukan itu saja, sinyal 5G juga akan banyak mengubah gaya hidup. Misalnya layanan streaming akan semakin populer, video akan semakin digemari, cloud backup akan menjadi normal. Selain itu, 5G akan membuka akses terhadap interconnected device seperti smart home akan semakin populer. Bahkan di luar negeri ada  self-driving car alias mobill tanpa pengemudi.

Menarik untuk ditunggu kehadiran sinyal 5G ini. Meskipun belum ada konfirmasi kapan akan digunakan di Indonesia, namun banyak smartphone 5G kini dirilis dan cepat atau lambat penyedia layanan jaringan pun akan mengadopsi sinyal 5G ini.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.