Fri, 23 February 2024

Menilik Persiapan Dema Fakultas Menjelang PBAK 2021

Reporter: Mega Siti Rohimah/Siti Mariyam | Redaktur: Suryadi | Dibaca 140 kali

Tue, 20 July 2021
PBAK 2021
Pelaksanaan PBAK 2020 yang dilaksanakan secara daring. (Amalia Azka Arifin/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA.COM – Berdasarkan kalender akademik tahun 2021/2022, kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 24 – 27 Agustus 2021.

Namun, sampai saat ini belum ada kepastian terkait teknis dari kegiatan PBAK 2021. Informasi akan diterapkannya sistem hybrid (luring dan daring), terkendala pandemi sehingga rencana itu pun kembali tertunda.

Saat dihubungi Jurnalposmedia, Minggu (18/7/2021) Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa UIN Bandung (Dema-U), Malik Fajar Ramadhan menerangkan, saat ini dirinya belum bisa dimintai keterangan mengenai hal itu.

Ia menambahkan, Dema-U masih fokus dalam mengurus e-sertifikat PBAK 2018, vaksinasi mahasiswa, dan hendak menindaklanjuti fasilitas PBAK 2020 ke pihak kampus.

Persiapan Dema-F Terkait PBAK 2021

Ketua Dewan Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora (Dema-FAH), Harry Ahmad Gunawan mengungkapkan, terkait teknis PBAK 2021 sudah dibahas oleh Dema-U dalam rapat pimpinan.

Berdasarkan informasi yang didapatnya, teknis PBAK 2021 akan digelar secara daring.

Namun, Harry mengaku menginginkan PBAK 2021 dilaksanakan secara luring atau semi luring (hybrid). Pada pelaksanaanya mahasiswa baru dapat hadir secara langsung ke Aula Anwar Musaddad dengan menerapkan protokol kesehatan dan administrasi yang ketat.

”Tentu dengan prokes dan administrasi yang ketat, bisa dengan surat vaksin atau hasil tes swab jika dibutuhkan,” tegasnya.

Ia menambahkan, kapasitas Aula Anwar Musaddad yang dapat menampung 6000 orang dapat dimaksimalkan 30 persen untuk pelaksanaan PBAK 2021.

Mahasiswa baru khususnya yang berdomisili di Kota Bandung dapat melaksanakan PBAK 2021 secara luring.

”Kalau kita analisis juga banyak ternyata yang mempergunakan fasilitas aula, tapi sayangnya itu bukan dari mahasiswanya tapi dari birokrasi sendiri. Semestinya kita harus bisa sama-sama adil atas kebermanfaatan itu semua,” tambahnya.

Sedangkan, untuk persiapan PBAK Fakultas, ia akan menyerahkan tanggung jawab kepada pengurus baru mengingat masa kepengurusannya yang sebentar lagi selesai.

Terkait konsep PBAK Fakultas, pihaknya akan menanamkan nilai-nilai kemanusian, integritas, dan kesatuan.

“Agar nantinya selalu bisa menjadi kebermanfaatan kepada sesama mahasiswa dan terlebih kepada masyarakat. Begitu pun kesatuan kita, karena banyaknya perbedaan yang ada maka harus diingatkan kembali bahwasanya kita adalah satu keluarga. Artinya bisa saling toleransi, saling memahami satu sama lain, dan saling menjaga hubungan baik,” tuturnya, Senin (19/7/2021).

Senada dengan Harry, Ketua Dewan Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (Dema-FSH), Zaky Badruzzaman menjelaskan, belum ada bahasan spesifik terkait PBAK Fakultas. Namun, pihaknya akan memperkenalkan fakultas secara lebih luas kepada mahasiswa baru.

“Tetapi memang problemnya itu, kala mahasiswa mencintai jurusannya itu wajar ya, mencintai universitas pun sama gitu ya. Sense of belong (rasa memiliki) terhadap fakultas kadang ataupun seringkali mahasiswa itu kurang,” ujarnya.

Dema-FSH akan mengenalkan wawasan dunia kampus dan kemahasiswaan, bukan hanya sermonial semata. Menurut Zaky, terkait teknis PBAK baik daring ataupun luring keduanya memiliki risiko.

“Dalam artian ketika tidak dilaksanakan secara offline risikonya terhadap mahasiswa, efektivitas, dan sebagainya. Tapi di sisi lain kita juga dilema. Ketika memang PPKM ini masih berlanjut dan belum pulih juga, ditakutkan penyebaran virus yang semakin masif. Kalau saya pribadi, tergantung risikonya gitu. Kalau misalnya sudah membaik keadaannya, saya kira lebih baik dilaksanakan secara hybrid gitu,” tambahnya.

Ia berharap, mahasiswa baru dapat turut andil dalam kegiatan PBAK 2021 bagaimanapun keadaannya. Sehingga, target dan tujuan dalam pengenalan universitas dan fakultas berjalan baik.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments