Sun, 21 July 2024

7 Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Sebelum KKN

Reporter: Prise/Kontributor | Redaktur: M. Rizky Pratama | Dibaca 1089 kali

Mon, 20 June 2022
Ilustrasi
(Sumber ilustrasi: Freepik)

JURNALPOSMEDIA.COM – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa tingkat akhir. Kegiatan tersebut sebagai bentuk dari sinergi antara mahasiswa kepada masyarakat dalam mengembangkan keilmuan.

Selama kurun waktu satu sampai dua bulan, mahasiswa bersosialisasi dengan masyarakat desa yang lokasinya memang jauh dari kota. Itu sebabnya, sebelum berangkat ke daerah tempatmu mengabdi, ada baiknya memperhatikan hal yang mesti dipersiapkan terlebih dahulu. Yuk, langsung cari tahu agar program KKN kamu bisa lebih lancar!

1. Survey Lokasi KKN

Observasi wilayah yang akan menjadi tempat KKN menjadi hal penting untuk mengenal lingkungan sekitarnya. Mengetahui adat istiadat, kebiasaan, serta budaya di sana juga perlu agar kamu bisa beradaptasi dan bersosialisasi dengan warga sekitar.

2. Siapkan Mental, Tenaga, dan Pikiran

Menyiapkan mental, tenaga, dan pikiran menjadi langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan sebelum program kerja KKN dilaksanakan. Tidak hanya itu, di tengah lingkungan yang benar-benar baru, kamu juga harus bisa menghadapi berbagai permasalahan yang ada agar berguna bagi warga sekitar.

3. Persiapkan Perlengkapan Pribadi

Selanjutnya, pastikan membawa perlengkapan pribadi sesuai kebutuhan dengan cara menyortir barang yang akan dipakai dan tidak akan dipakai. Mulai dari pakaian, alat mandi, alat salat (bagi muslim), hingga obat-obatan pribadi (bila perlu). Hal ini untuk menghindari adanya kondisi darurat jika lokasi KKN jauh dari kota.

4. Minta Restu dan Uang Saku dari Orang Tua

Meminta doa restu kepada kedua orang tua menjadi hal wajib dilakukan demi kelancaran selama jalannya KKN. Dukungan dari orang tua sebagai fondasi terciptanya program kerja setiap langkahmu yang menjadi berkah dan dalam lindungan Tuhan.

Selain itu, berlangsungnya KKN juga memerlukan uang saku, baik untuk keperluan pribadi yang mendesak nantinya maupun untuk kebutuhan KKN. Kamu perlu menyiapkan uang tunai karena tidak ada yang menjamin di sana selalu ada ATM untuk mengambil uang. Untuk itu, penuhi isi dompetmu dengan jumlah tertentu untuk hidup selama berlangsungnya kegiatan.

5. Coba Beradaptasi dan Berinteraksi

Belajar public speaking dan public relation sangat penting dilakukan agar dapat membangun relasi yang baik dengan masyarakat sekitar. KKN tidak lepas dari kegiatan bersosialisasi dan menjalin interaksi dengan masyarakat desa. Itu sebabnya, persiapkan diri untuk belajar berbicara di hadapan orang banyak perlu dilakukan.

6. Bersikap Sopan dan Santun

Bersikap sopan dan santun menjadi hal yang harus dilakukan ketika berada di lingkungan baru terutama lingkungan asing. Perlu diingat bahwa KKN merupakan kegiatan yang membawa nama baik kampus sehingga kamu perlu menghormati budaya sekitar dan menjaga sikap.

7. Jaga Kesehatan

Terakhir, pastinya kamu perlu menjaga kesehatan agar bisa mengikuti kegiatan KKN dengan lancar. Bawa keperluan obat pribadi dan jangan ragu untuk komunikasikan pada teman kelompok jika kamu merasa kurang sehat.

Itulah tujuh hal yang perlu kamu siapkan dan lakukan saat akan melaksanakan KKN. Jangan lupa berdoa agar kegiatan kamu nanti bisa berjalan lancar tanpa kendala, ya!

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments